Beranda Hukum Kami Takkan Pindah Media Demi Ikut UKW PWI

Kami Takkan Pindah Media Demi Ikut UKW PWI

BERBAGI

Sebagai kekecewaan kami terhadap Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat yang telah diduga menolak keikutsertaan kami untuk ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW) melalui PWI Subang.

Alasan karena badan hukum yang masih mengelola tiga usaha atau tidak khusus badan hukum pers seharusnya memiliki toleransi untuk dirubah, karena tidak berhubungan langsung dengan tugas wartawan di lapangan.

Sebagai media startup di Jawa Barat kami kecewa karena keinginan kuat kami untuk memenuhi ajakan ketua PWI Kabupaten Subang tertunda, malang melintang di media mainstream dengan sejuta pengalaman, punya kantor dan mengurusi semua anjuran dewan pers tak cukup dipahami banyak pihak termasuk PWI.

Kami sangat percaya diri menggunakan media kami sendiri tanpa harus pindah media demi UKW, maka kami mempertanyakan standar profesional menurut PWI Jabar itu bagaimana, karena karya tulis para reporter media pasti ada di medianya sendiri.

Maka kami menolak pindah media atau “cara lain” untuk ikut UKW walaupun menurut kami UKW merupakan bentuk pengakuan kelembagaan atas profesi jurnalis di masyarakat.

Jalan Tuhan untuk menjadi seorang wartawan profesional memang berat, tapi kami mengetahui jalan terbaiknya. Tulisan ini hanya bentuk kekecewaan kami, jangan dianggap serius.***

Opini oleh:
M Ridwan, Reporter Jabarpress.com

BERBAGI