Beranda Ekonomi Berbekal Dana Desa, Pemdes Cikadu ‘Percantik’ Jaling Cibuluh

Berbekal Dana Desa, Pemdes Cikadu ‘Percantik’ Jaling Cibuluh

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pemerintah Desa (Pemdes) Cikadu Kecamatan Cijambe merealisasikan Dana Desa (DD) tahap 3 tahun 2019.

Kades Cikadu Kecamatan Cijambe, Wawan, mengatakan, DD tahap 3 yang diterima desanya dialokasikan untuk memuluskan jalan lingkungan (jaling) di Kampung Cibuluh Girang RW 02.

Perbaikan jaling dengan hotmik ini berlangsung transparan melibatkan unsur muspika Cijambe, diantaranya Danramil Cijambe (Koramil 0512) Kapten Arm M Saprudin, Babinsa TNI AD, Babinkamtibmas Polri, TPKD dan perangkat Desa Cikadu serta warga setempat.

“DD tahap 3 kami gunakan untuk hotmik jaling di RW 02 Kampung Cibuluh Girang yang terbagi 7 RT. Total anggarannya Rp200.340.000, dengan volume pekerjaan hotmik sepanjang 738 meter, lebar 2,5 meter, penitrasi 3 cm,” ujar Wawan kepada Jabarpress.com, Kamis (5/12/2019).

Wawan menambahkan, pelaksanaan hotmix jalan di Cibuluh Hilir dan Cibuluh Girang sudah rampung.

“Tinggal jalan di Kampung Cisalak belum beres. Untuk hotmik di Kampung Cikadu sudah capai 85%, Insyaalloh tahun 2020 semuanya tuntas,” katanya.

Dia menegaskan, pelaksanaan kegiatan pembangunan desa berupa pengaspalan jalan ini melibatkan semua pihak.

“Mari kita sama-sama mengontrol pembangunan tersebut, dan harus betul-betul kita rasakan manfaat bantuan dari pemerintah pusat oleh warga paling bawah,” ucap Wawan.

Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPKD) Cikadu, Abdul Kudus, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat yang telah mengucurkan bantuan Dana Desa (DD), sehingga pihaknya dapat merealisasikan hotmix jalan lingkungan dengan baik.

“Kalau jalannya mulus, secara otomatis akan meningkatkan taraf perekonomian warga Kampung Cibuluh Girang,” imbuhnya.

Danramil Cijambe, Kapten Arm M Saprudin, mengungkapkan, Koramil Cijambe membawahi 3 kecamatan yakni Cijambe, Jalancagak, dan Kasomalang. Dengan adanya pelaksanaan hotmix jaling di Desa Cikadu, diharapkan keinginan warga akan peningkatan taraf ekonomi, pendidikan dan pertanian, bisa terwujud.

“Kami bertugas mengawal dan monitor bekerjasama dengan kepala desa, Babinsa dan Babinkamtibmas Polri, tokoh masyarakat, RT dan RW serta seluruh warga, agar pelaksanaan hotmix berjalan lancar dan bisa dirasakan manfaatnya. Kami juga sampaikan terimakasih atas kerjasamanya dan semoga bantuan DD dari pusat bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)

BERBAGI