Beranda Jabar Reses di Cijambe, Anggota DPRD Jabar Fraksi Gerindra Sampaikan Tupoksi Dewan

Reses di Cijambe, Anggota DPRD Jabar Fraksi Gerindra Sampaikan Tupoksi Dewan

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Anggota DPRD Komisi II Provinisi Jawa Barat dari Fraksi Partai Gerindra, H Heri Ukasah Sulaeman, melaksanakan reses 1 tahun sidang 2019-2020 di Desa Tanjungwangi dan Gunungtua Kecamatan Cijambe, Senin (2/12/2019).

Legislator asal Dapil Jabar IX meliputi Kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang pada reses pertama ini bertatap muka langsung dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan kader posyandu.

Kepala Desa Tanjungwangi, Budi Santoso, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada H Heri Ukasah Sulaeman yang telah menyempatkan diri untuk bertatap muka dengan warga Desa Tanjungwangi kendati cuaca panas.

“Subang ini mempunyai tiga kultur iklim yang mana ada Subang Selatan, Subang Tengah dan Subang Utara,” ujarnya.

Dia mengatakan, sebelumnya Presiden RI Joko Widodo meninjau Pelabuhan Internasional Patimban, dengan adanya pelabuhan tersebut tentunya besar sekali manfaatnya bagi warga Kabupaten Subang, karena bisa menampung lapangan pekerjaan.

Dalam paparannya, Anggota DPRD Komisi II Provinisi Jawa Barat dari Fraksi Partai Gerindra, Heri Ukasah, menyampaikan, kegiatan silaturahmi ini dikenal dengan reses anggota DPRD Provinsi Jawa Barat. Reses ini untuk menjaring aspirasi maupun masukan atau keluhan dari masyarakat.

“Saya sebagai wakil rakyat di tingkat Provinsi Jawa Barat adalah untuk membantu bapak dan ibu, khususnya warga Desa Tanjungwangi, tentunya saya sudah koordinasi dengan kepala desa agar reses ini menghasilkan bantuan. Tentunya sebagai wakil rakyat di tingkat provinsi harus bisa menurunkan bantuan melalui rapat paripurna yang dihadiri para anggota dewan dan Gubernur,” papar Heri.

Legislator asal Partai Gerindra ini juga menyampaikan perihal tugas pokok dan fungsi (tupoksi) anggota dewan.

“Sebagai wakil rakyat, saya memiliki tiga fungsi sesuai dengan Undang-Undang bahwa anggota dewan kabupaten, provinsi maupun pusat itu ada tiga kewenangan yang saya miliki sesuai aturan, yaitu pertama, membuat aturan bersama Gubernur sesuai peraturan yang ada itu dibuat oleh kami DPRD Jawa Barat, sesuai Peraturan Daerah (Perda); kedua fungsi budgeting atau penganggaran, selanjutnya aspirasi-aspirasi dari warga Desa Tanjungwangi nanti saya akan bawa dan akan dibahas di rapat mendatang, dan ketiga, fungsi pengawasan,” pungkas Heri.

Kemudian, usai reses di Desa Tanjungwangi, Heri Ukasah menuju Desa Gunungtua untuk melanjutkan resesnya.

(M Sunardi / Ajat Sudrajat)

BERBAGI