Beranda Daerah Tahun 2020, DKUPP Target Bangun Gedung UPT Peneraan dan Rancang Perda Tarif...

Tahun 2020, DKUPP Target Bangun Gedung UPT Peneraan dan Rancang Perda Tarif Tera Ulang

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (DKUPP) Kabupaten Subang kini telah resmi memiliki Unit Pelaksana Teknis Peneraan (UPT Tera Ulang).

“Alhamdulillah, setelah berupaya keras, kita dipercaya oleh pemerintah pusat untuk membentuk UPT Peneraan atau Tera Ulang. Tapi kantornya belum ada. Kita berharap di 2020 ke depan bisa memiliki kantor tersendiri untuk UPT Peneraan,” ujar Kepala DKUPP Subang, Rahmat Fatharahman, didampingi Kabid Perdagangan, H Nurudin, kepada Jabarpress.com, belum lama ini.

Dijelaskan Rahmat, dengan adanya UPT baru di bidang Tera Ulang ini, maka pelaksanaan peneraan (penimbangan) bagi pom-pom bensin (SPBU) maupun bidang-bidang usaha lainnya, tidak lagi ke Kabupaten Karawang. Melainkan bisa dilakukan oleh Pemkab Subang sendiri.

“Sebelumnya, peneraan dilakukan di Karawang sehingga retribusinya masuk ke mereka. Alhamdulillah, kini Subang sudah memperoleh sertifikat peneraan, sehingga bisa melakukannya (peneraan) sendiri,” paparnya.

Namun, sambung dia, pelaksanaan peneraan yang dilakukan instansinya untuk sementara ini tidak dipungut biaya (gratis), karena belum ada regulasi atau payung hukum yang mengatur retribusi atau penarikan tarif peneraan.

Pihaknya menargetkan, tahun 2020 nanti, akan mengusulkan pembuatan Perda yang mengatur tarif tera ulang, sehingga retribusinya bisa masuk ke kas daerah (PAD).

“Insyaalloh tahun depan dibuat Perda yang mengatur Tarif Tera Ulang, sehingga retribusinya bisa masuk ke kita, tidak lagi ke Karawang. Sementara ini masih gratis, karena kita belum punya Perdanya,” pungkas Rahmat.

BERBAGI