Beranda Ekonomi Presiden Jokowi Sebut Pelabuhan Patimban Diperuntukan Buat Ekspor-Impor Industri Otomotif

Presiden Jokowi Sebut Pelabuhan Patimban Diperuntukan Buat Ekspor-Impor Industri Otomotif

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Presiden RI, Ir H Joko Widodo, akrab disapa Jokowi, menegaskan, Pelabuhan Internasional Patimban di Kecamatan Cipunagara, Subang, bakal diperuntukkan buat kegiatan ekonomi ekspor dan impor industri otomotif.

“Pelabuhan ini nanti akan digunakan untuk kegiatan ekspor mobil-mobil, motor dan industri otomotif kita,” ujar Presiden Jokowi saat meninjau Pelabuhan Patimban Kabupaten Subang, Jumat (29/11/2019).

Menurutnya, Pelabuhan Internasional Patimban akan menjadi pelabuhan terbesar kedua di Indonesia setelah pelabuhan Tanjung Priok dan akan beroperasi penuh pada tahun 2027.

“Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat kita harapkan menjadi pelabuhan besar nantinya di tahun 2027,” katanya.

Pelabuhan ini tahap pengerjaannya sudah dimulai sejak tahun 2018 dan pembangunannya cukup lama serta tahapan-tahapannya memang jangka panjang.

Secara keseluruhan, sambung Jokowi, Pelabuhan Patimban memiliki luas 654 hektare.

“300 hektare diantaranya itu untuk peti kemas dan terminal kendaraan. Kita berharap, pembangunan pelabuhan bisa selesai dan beroperasi sesuai jadwal tahun 2027 mendatang,” tegas Jokowi.

BERBAGI