Beranda Seni Budaya Wayang Golek Giriharja III Meriahkan Ruwatan Bumi Desa Cidadap

Wayang Golek Giriharja III Meriahkan Ruwatan Bumi Desa Cidadap

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Warga Desa Cidadap Kecamatan Pagaden Barat menggelar acara ruwatan bumi, Rabu (27/11/2019) yang diisi kegiatan hajat sedekahan bumi, arak-arakan keliling kampung dimulai di depan kantor desa dan berakhir di lapang desa.

Sedangkan puncak acara akan dihibur oleh pagelaran Wayang Golek Ki Dalang Yogaswara Giriharja 3 Putra dari Bandung.

Kegiatan dihadiri Camat Pagaden Barat Deni Setiawan beserta jajaran, unsur muspika, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta masyarakat.

Kades Cidadap Kecamatan Pagaden Barat, Taswan Sucipto, mengatakan, ruwatan bumi merupakan tradisi yang berlangsung secara turun temurun, sebagai wujud rasa syukur atas berkah, kesehatan dan keselamatan yang diberikan Allah SWT kepada warga.

“Acara ruwatan sedekah bumi ini merupakan tradisi warga Desa cidadap yang digelar satu tahun sekali. Acara ini diisi serangkaian kegiatan yang melibatkan warga setempat,” ujar Taswan kepada Jabarpress.com.

Ruwatan bumi ini, lanjut Taswan, sebagai simbol bahwa warga menyambut meriah dengan limpahan rizki yang telah diberikan.

“Karena memang acara sedekah bumi ini merupakan sebagai tanda rasa syukur warga kepada sang pencipta atas apa yang telah dilimpahkan selama ini. Kami juga atas nama pemerintah Desa Cidadap, mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat, donatur dari pengusaha dan Trijaya Motor yang telah mendukung kelancaran kegiatan ini,” paparnya.

Camat Pagaden Barat, Deni Setiawan, menyampaikan, acara ruwatan bumi yang digelar warga Desa Cidadap perlu didukung dan diapresiasi.

“Karena ini merupakan bagian dari warisan budaya yang perlu dipertahankan keberadaannya. Sebab tradisi ini sebetulnya mengandung arti membentuk kekompakan di antara warga,” imbuhnya.

Tradisi ruwat bumi ini, tambahnya, merupakan bagian warisan budaya yang perlu dijaga keberlangsungannya.

“Selain dapat memperkuat ikatan silaturahmi, tradisi ini juga mempertahankan seni budaya daerah yang ada di Desa Cidadap,” pungkasnya.

(Udin Samsudin)

BERBAGI