Beranda Daerah Di Media Gathering Bawaslu, Ketua PWI ‘Ceramahi’ Para Wartawan: Pejabat Jangan Takut,...

Di Media Gathering Bawaslu, Ketua PWI ‘Ceramahi’ Para Wartawan: Pejabat Jangan Takut, Wartawan Bukan Macan!

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Kegiatan Media Gathering yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Subang di Hotel Lembah Sarimas, Ciater, Selasa-Rabu (26-27/11/2019) dan diikuti puluhan wartawan media massa cetak, elektronik dan online, menghadirkan sejumlah narasumber berkualitas, diantaranya Ketua PWI Perwakilan Subang, H Nano Suwarno; Komisioner KPID Jabar, Mahi M Hikmat; serta Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah.

Dalam sesi pemaparannya, Ketua PWI Perwakilan Subang, H Nano Suwarno, menyampaikan materi singkat seputar tupoksi wartawan, UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik (KEJ), Dewan Pers, serta seputar kronik kewartawanan di lapangan.

Mengapresiasi kegiatan Media Gathering Bawaslu, H Nano menyebut, kegiatan ini sangat positif untuk merekatkan silaturahmi antara media dengan Bawaslu serta meningkatkan sinergitas keduanya sesuai tupoksi masing-masing, terutama dalam meningkatkan kinerja pengawasan Bawaslu pada Pemilu yang akan datang.

Pihaknya juga berharap, para jurnalis cetak, elektronik maupun online bisa bekerja semakin profesional dan proporsional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya dengan memegang erat kode etik jurnalistik.

“Wartawan dalam menjalankan tugasnya dilindungi UU pokok pers Nomor 40 Tahun 1999. Jadi siapapun yang menghalang-halangi tugas wartawan terancam bisa dipidana 5 tahun dan denda Rp500 juta,” tegas pria yang sudah 4 periode dipercaya memimpin PWI Subang ini.

Dirinya juga mengimbau para wartawan tidak perlu takut terhadap ancaman dari siapapun saat menjalankan tugas jurnalistiknya selama memegang teguh UU Pers, kode etik serta ketentuan terkait lainnya.

Begitupun, pihaknya mengimbau para pejabat maupun narasumber lainnya tidak perlu takut terhadap wartawan.

“Wartawan bukan macan, jadi jangan takut. Tetapi wartawan juga harus profesional dan proporsional menjalankan tugasnya dan jangan takut, karena kerjanya dilindungi UU Pers,” pungkas H Nano.

BERBAGI