Beranda Daerah Diskusi Perdana Komunitas Wartawan dengan OPD Pemkab, Sekda Sebut DKUPP Sarat Prestasi

Diskusi Perdana Komunitas Wartawan dengan OPD Pemkab, Sekda Sebut DKUPP Sarat Prestasi

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Sekretaris Daerah (Sekda) Subang, H Aminudin, membuka diskusi perdana dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Subang yang digelar komunitas wartawan tergabung dalam Aliansi Wartawan Subang (AWAS).

Diskusi perdana berlangsung bersama jajaran Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) di gedung PLUT Subang, Selasa (19/11/2019).

Kegiatan dihadiri Kepala DKUPP Subang Rahmat Fatharahman, Kabid Pasar Junaedi, Kabid Perdagangan H Nurudin, Kabid Koperasi Suwitro, Kabid Industri Asep Mulyana, Kabid UMKM Aep Saepudin, Bendahara Dinas Nono, dan lainnya.

Sekda Subang, H Aminudin, mengatakan, penting adanya sinergis dan kerjasama antara OPD pemkab dengan kalangan media, agar kegiatan maupun program dinas terpublikasikan ke seluruh lapisan masyarakat, termasuk berbagai prestasi yang diraih OPD.

“Sebab selama ini, banyak kegiatan, program, termasuk prestasi OPD, yang tidak terpublikasi secara luas kepada publik,” ujarnya.

Diantaranya, sambung Sekda, adalah DKUPP Subang. Padahal, sebut dia, dinas ini termasuk sarat capaian prestasi.

“Ternyata, DKUPP ini banyak prestasinya, hanya memang tidak terpublikasi kepada publik. Karena itu, melalui diskusi ini kita cenderung ingin mempublikasikan seluruh program dan prestasi,” papar H Aminudin.

Sekda juga mengimbau agar seluruh OPD bersikap terbuka dan harus mau menerima kritikan.

“Tetapi, begitu juga kalangan media harus bekerja profesional dan mematuhi kode etik,” tegasnya.

Kepala DKUPP: Kami Bentuk UPT Peneraan, Tapi Belum Punya Kantor

Kepala DKUPP Subang, Rahmat Fatharahman, menyambut antusias diskusi perdana ini dan berharap berlangsung secara rutin berkelanjutan.

Selanjutnya, usai memaparkan program dan berbagai capaian prestasi yang diraih dinasnya, Rahmat, mengaku gembira, karena saat ini instansinya dipercaya pemerintah pusat untuk membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) Peneraan (Tera Ulang).

“Tapi kantornya belum ada. Kita berharap ke depan bisa memiliki kantor tersendiri untuk UPT Peneraan,” imbuhnya.

Dengan adanya UPT baru di bidang Tera Ulang ini, maka pelaksanaan peneraan (penimbangan) bagi pom-pom bensin (SPBU) maupun lainnya, tidak lagi ke Kabupaten Karawang. Melainkan bisa dilakukan oleh Pemkab Subang sendiri.

“Alhamdulillah, kini Subang sudah peroleh sertifikat peneraan, tapi masih gratis karena kita belum punya Perda yang mengatur Tarif Tera Ulang. Insyaalloh tahun depan dibuat perdanya, sehingga retribusinya bisa masuk ke kita, tidak lagi ke Karawang,” pungkas Rahmat.

BERBAGI