Beranda Warta Desa Tanggul Irigasi Jebol Ancam Ratusan Hektar Sawah di Dua Desa, Kades Rancaudik:...

Tanggul Irigasi Jebol Ancam Ratusan Hektar Sawah di Dua Desa, Kades Rancaudik: PJT Segera Perbaiki!

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Ratusan hektar tanah sawah terancam gagal tanam akibat jebolnya tanggul irigasi Blok Cau Dusun Sukamahi Desa Rancaudik Kecamatan Tambakdahan.

Jebolnya tanggul irigasi akibat sudah lama tak diperbaiki, padahal irigasi ini berfungsi bisa mengairi ratusan hektar sawah di dua desa yaitu Desa Rancaudik Kecamatan Tambakdahan dan Desa Bongas Kecamatan Pamanukan.

Untuk menjaga ketika datangnya musim hujan, masyarakat Desa Rancaudik bersama Kepala Desa Wahyudin beramai-ramai memperbaiki tanggul yang jebol dengan alat seadanya.

“Ini kita hanya penanggulangan sementara saja biar air tetap bisa mengalir ke hilir agar nanti petani masih bisa menanam padi, tapi kami tidak bisa menjamin tanggul sementara ini bisa tahan ketika datangnya musim hujan. Kami khawatir tanggul ini akan jebol kembali, seharusnya pihak PJT segera memperbaikinya,” ujar Wahyudin kepada Jabarpress.com, Selasa (12/11/2019).

Pihaknya mengaku sudah beberapa kali mengirim surat kepada pihak PJT ataupun ke pihak Pemda Subang mengusulkan agar tanggul diperbaiki.

“Tapi sampai sekarang belum ada tanggapan kapan tanggul irigasi ini diperbaiki, karena sepanjang tanggul sudah tidak ada lagi tembok penahan. Kami khawatir ketika datang musim penghujan ini akan mengakibatkan dampak buruk terhadap wilayah desa kami, daerah kami terancam banjir dan terancam gagal tanam,” pungkasnya.

(Asep H Ocay)

BERBAGI