Beranda Daerah Modus Cetak Sawah Baru, PDIP Subang Desak Aparat Tutup Galian C Ilegal

Modus Cetak Sawah Baru, PDIP Subang Desak Aparat Tutup Galian C Ilegal

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Beroperasinya penambangan tanah merah (galian C) di sejumlah wilayah Subang mendapat sorotan kalangan masyarakat, terutama penambangan yang diduga tidak berizin.

Bahkan, informasi yang dihimpun, aktivitas galian C ada yang menggunakan modus pencetakan sawah baru.

Aktivis lingkungan yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Subang, Ujang Yusuf, mengatakan, maraknya pembangunan yang kini sedang dilaksanakan di Kabupaten Subang menjadi sebuah fenomena luar biasa di satu sisi sebagai sebuah pertanda geliat pembangunan.

Tetapi di sisi lain, ada pula hal-hal yang merugikan rakyat, diantaranya beroperasinya galian C yang tidak mengantongi izin.

Pihaknya pun meminta instansi berwenang dari kepolisian, Pemkab dan DPRD Subang agar melakukan sidak ke lapangan.

“Kami meminta aparat kepolisian, terutama Unit Tipiter Polres, beserta komisi DPRD terkait, segera lakukan sidak ke galian-galian C tidak berizin,” ujar Ujang Yusuf, kepada Jabarpress.com, Senin (11/11/2019).

Pihaknya juga mengendus jika aktivitas penambangan galian C ada yang menggunakan modus pencetakan sawah baru dan pembukaan lahan untuk perumahan.

“Terkait ini, kami minta Dinas Pertanian segera lakukan pendataan dan pengecekan ke lapangan, karena sejauh ini mereka merasa tenang-tenang menambang galian C dengan alasan pencetakan sawah baru dan pembukaan perumahan. Dinas harus kroscek ke lapangan, dan kami meminta anggota DPRD komisi terkait untuk siap-siap menerima kami untuk audensi terkait hal tersebut,” paparnya.

Jika aktivitas galian C ilegal tetap membandel dan terus beroperasi, pihaknya meminta aparat terkait bertindak tegas menutupnya.

“Kita minta aparat terkait segera menutup galian-galian C tidak berizin, karena itu merugikan berbagai pihak baik masyarakat ataupun pihak pemerintah,” tegas pria yang akrab disapa Zapet ini.

BERBAGI