Beranda Daerah Biar Akurat, Dishub Ukur Ulang Peralatan PKB

Biar Akurat, Dishub Ukur Ulang Peralatan PKB

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Sejumlah peralatan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) yang dipergunakan Dinas Perhubungan Kabupaten Subang dilakukan kalibrasi.

Dikatakan oleh Kepala Dishub Kabupaten Subang, Rona Mairansyah sebagaimana dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Pengujian Kendaraan Bermotor, kalibrasi dilaksanakan selama 3 jam mulai dari pukul 14.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

“Alhamdulillah pengujian kendaraan bermotor Subang telah melaksanakan kalibrasi alat uji. Dan dalam berita acara hasil kalibrasi dinyatakan semua alat uji yang ada di PKB Subang (dalam kondisi) akurat,” jelasnya usai pengujian, Kamis (7/11/2019).

Kalibrasi adalah salah satu syarat yang diwajibkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam pelayanan terhadap masyarakat.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 133 tahun 2015 tentang Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor, kalibrasi merupakan serangkaian kegiatan mengukur keakuratan alat pengujian kendaraan bermotor (PKB) berdasarkan kondisi standar.

Adapun kalibrasi dilakukan terhadap 9 alat ukur yang dipergunakan Dishub Kabupaten Subang yang meliputi: Alat Uji Emisi, Alat Uji Ketebalan Asap, Alat Uji Rem, Alat Uji Lampu Utama, Alat Uji Kuncup Roda Depan, Alat Uji Penunjuk Kecepatan, Alat Uji Berat, Alat Uji Kegelapan Kaca dan Alat Uji Tingkat Suara.

“Semoga dengan alat uji yang akurat dan SDM penguji kendaraan bermotor yang sesuai kompetensi di bidangnya dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” imbuhnya.

Kalibrasi dilakukan oleh Tim dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IX Jabar yang dipimpin oleh Kordinator Tim Kalibrasi BPTD, Abdul Syukur,AMa PKB,Sip,MM.

(Teddy W)

BERBAGI