Beranda Warta Desa Ruatan Bumi Desa Belendung Dihibur Wayang Golek, Tokoh Adat: Tontonan Sekaligus Tuntunan

Ruatan Bumi Desa Belendung Dihibur Wayang Golek, Tokoh Adat: Tontonan Sekaligus Tuntunan

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Ruatan bumi adalah salah satu upaya untuk meningkatkan budaya adat Sunda yang sudah melekat kental di hati masyarakat Desa Belendung Kecamatan Cibogo.

Kegiatan tersebut merupakan tasyakur bi nikmah terhadap Alloh SWT yang telah memberikan nimat kepada umat-Nya.

Kegiatan yang digelar Kamis (7/11/2019) ini dihadiri Muspika Kecamatan Cibogo, para kepala desa se-Cibogo, dan warga Desa Belendung, semuanya antusias melaksanakan kegiatan tersebut.

Kegiatan dimeriahkan kesenian pagelaran Wayang Golek bersama Ki Dalang Wawan Dede Amung Sutarya dari Munggul Pawenang Bandung.

“Ruatan bumi atau Hari Krida Pertanian merupakan tasyakur bi ni’mah, salah satu wujud syukur terhadap Alloh SWT yang telah memberikan nikmat kepada kita semua, sehingga digelar hiburan Wayang Golek, itu merupakan tontonan sekaligus tuntunan bagi kehidupan kita. Wayang Golek adalah suatu perlambang dan siloka dalam kehidupan kita sehari-hari,” ujar Daslan (68), tokoh adat Desa Belendung, kepada Jabarpress.com.

Dia menyebut, hajat ruatan bumi atau guar bumi adalah kegiatan menyambut musim tanam yang biasanya dilakukan setiap tahun.

“Diharapkan kedepan melalui kegitan tersebut para petani, pengusaha, dan para pegawai semuanya ada dalam keberkahan serta lebih sejahtera lagi menuju tarap perekonomian dan kehidupan masyarakat lebih maju,” imbuh Daslam.

Kepala Desa Belendung Hartono, menjelaskan, ruatan bumi sudah menjadi agenda tahunan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan silaturahmi antar warga dengan Pemdes Belendung juga untuk melestarikan budaya leluhur dan menanamkan gotongroyong di masyarakat,” katanya.

Dia berharap, melalui kegiatan ini, generasi muda bisa mengenal budayanya dan melestarikannya.

“Jangan sampai punah, agar budaya tersebut tetap dilestarikan dan dirawat supaya terjaga keutuhannya,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)

BERBAGI