Beranda Jabar Adon Sabet Juara Kontes Ikan Cupang Piala Gubernur Digelar Ormas LMP Jabar

Adon Sabet Juara Kontes Ikan Cupang Piala Gubernur Digelar Ormas LMP Jabar

BERBAGI

Jabarpress.com, Bandung-Ormas Laskar Merah Putih (LMP) Markas Daerah (Mada) Jawa Barat sukses menggelar Kontes Ikan Cupang Hias “Betta Contest Fair” Piala Gubernur yang berlangsung Minggu-Senin, 27-28 Oktober 2019 di Gedung Youth Center SPOrT Jabar Arcamanik Kota Bandung.

Kegiatan dilaksanakan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 dan peringatan HUT LMP ke-XIX dengan tema “SDM Unggul Jawa Barat Juara, Bersama Jaga NKRI”.

Ketua Mada LMP Jabar, Ukur Purba, menyebut, kegiatan bermula dari aspirasi anggota LMP pembudidaya Ikan Cupang dari Kota Bekasi yang ingin meningkatkan mutu produk dan pengembangan usahanya.

Mereka menginginkan adanya kontes ikan cupang tingkat Jabar. Sementara pada saat yang sama, kontes ikan cupang hias di tingkat Jawa Barat belum pernah ada.

Karena itu, LMP Jabar berinisiatif melaksanakan kontes tingkat Jabar, sekaligus dimaksudkan untuk menguatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa serta membumikan spirit sumpah pemuda 1928.

Untuk menggelar kontes, pihaknya menggandeng komunitas pembudidaya dan penghobi ikan cupang yang sudah lama eksis di Bandung yaitu Parahiyangan Betta Club (PBC).

Selain itu, LMP Jabar bekerjasama dengan Pemprov Jabar dan sejumlah dinas terkait, seperti Dinas KKP, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata dan Budaya, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Badan Kesbangpol.

“Dengan kerjasama ini, diharapkan para petani ikan cupang hias khususnya dapat lebih diperhatikan oleh pemerintah, agar mutu produk meningkat seiring dengan nilai ekonomisnya. Ini tentu akan mendorong kemajuan pembangunan daerah di Jabar terutama terkait dengan ketahanan ekonomi,” paparnya.

Ketua Panitia, Rakhmat Toto, menambahkan, peserta kontes mencapai 206 entri berasal dari penghobi dari berbagai daerah di Jabar dan luar Jabar, seperti Kota Bandung (Betta Nenen, Betta Furry, dll), Kabupaten Bandung (Pasukan Selatan, Betta Maha Crowly), Cimahi (Waluh FC), Garut (KCHG), Majalengka (Betta Ghoib), Purwakarta, Kota Bekasi, Jakarta, Tangerang dan Surabaya.

Berdasarkan kategori dan kelas yang dikonteskan mengacu pada standar nasional (SNI) yang terdiri dari 36 kelas, 4 kategori Grand Champion (Crowntail, Halfmoon, Plakat dan Giant), 1 kategori Best of Show (Baby), dan Juara Umum yang ditentukan berdasarkan perolehan poin.

“Kontes ini dimenangkan oleh Adon dari Betta Mansion dari Tangerang Banten. Piala Gubernur diserahkan langsung oleh Ketua Mada LMP Jabar Ukur Purba,” pungkasnya.

BERBAGI