Beranda Jabar 8 Daerah Gelar Pilkada Serentak, Bawaslu Jabar Imbau Kepala Daerah Patuhi Permendagri

8 Daerah Gelar Pilkada Serentak, Bawaslu Jabar Imbau Kepala Daerah Patuhi Permendagri

BERBAGI

Jabarpress.com, Bandung-Pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020 sudah memasuki babak tahapan awal perencanaan program dan anggaran.

Di Jawa Barat, terdapat 8 kabupaten dan kota yang akan melaksanakan Pilkada di tahun 2020 diantaranya Kota Depok, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Indramayu.

Menurut Staff Bawaslu Jawa Barat Divisi Pengawasan, Trio Hamdoni, jika di babak awal ini sudah banyak menuai pro dan kontra di lingkungan penyelenggara Pemilu itu sendiri.

“Salah satunya melihat problem kemampuan dan antisipasi keuangan daerah dalam mendanai pilkada yang tidak matang sebagaimana diatur dalam Permendagri 54 Tahun 2019 tentang Pendanaan kegiatan Pilkada yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah yang sangat terbatas atau minimalis,” ujar Trio, Senin (14/10/2019).

Melihat fenomena tersebut, kata Trio, pendanaan pilkada jelas akan sangat berpengaruh terhadap kualitas baik atau buruknya rancangan tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pilkada di 8 kabupaten dan kota di Jawa Barat.

“Persoalan babak pertama ini harapan besarnya adalah Kepala Daerah kembali memperhatikan amanah Permendagri 54 Tahun 2019 tentang pendanaan pilkada yang dibebankan terhadap APBD tentu harus mencukupi dan sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan pilkada 2020 mendatang,” pungkasnya.

(Ade Mahmudin)

BERBAGI