Beranda Seni Budaya Ruatan Bumi Desa Margahayu Lestarikan Kearifan Lokal

Ruatan Bumi Desa Margahayu Lestarikan Kearifan Lokal

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pemerintah Desa Margahayu Kecamatan Pagaden Barat, Minggu (13/10/2019) menggelar hari Krida Pertanian atau lebih populer di kalangan petani disebut Ruatan Bumi merupakan pesta rakyat tahunan dalam rangka kearipan lokal.

Dalam acara tersebut hadir Kabag Pemdes Nana Mulyana, Camat Pagaden Barat Deni Setiawan, Wakil Ketu DPRD Kabupaten Subang Aceng Kudus serta Danramil Pagaden.

Ruatan bumi ini merupakan adat istiadat yang selalu dilestarikan oleh petani terutama ketika musim tanam tiba.

“Alhamdulilah untuk pesta ruatan bumi ini Desa Margahayu masih tetap guyub untuk melestarikan budaya kearipan lokal, ini merupakan adat istiadat yang selalu dijaga kelestariannya ketika musim tanam tiba, mudah-mudahan pada musim tanam rendeng ini para petani bisa lebih meningkatkan pendapatannya,” kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Subang Aceng Kudus.

Camat Pagaden Barat Deni Setiawan, mengatakan, tujuan diadakanya Ruatan Bumi ini atau istilah lain Panca Krida Pertanian bertujuan, pertama, rasa syukur nikmat kepada Allah atas hasil panen; kedua, membina melestarikan kebudayaan secara adat istiadat; dan ketiga, meningkatkan tali silaturahmi antara sesama warga dalam sebuah kekompakan melalui kegiatan pertanian.

“Ruatan ini pada intinya merawat hubungan manusia dengan manusia serta merawat alam yang ada di sekitar lingkungan kita,” imbuh Deni.

Kepala Desa Margahayu H Main Permana, menambahkan, ruatan ini merupakan rasa syukur nikmat yang diberikan kepada masyarakat atas hasil panen, dan mudah-mudahan pada musim tanam sekarang petani Margahayu bisa lebih meningkatkan kembali hasil panennya dan tidak ada gangguan dalam bercocok tanamnya,” pungkasnya.

(Asep Ocay)

BERBAGI