Beranda Warta Desa Camat Cibogo Apresiasi Kolektor PBB Desa Majasari

Camat Cibogo Apresiasi Kolektor PBB Desa Majasari

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai kolektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Desa Majasari Kecamatan Cibogo, dipastikan mengalami suka dan duka.

Sukanya apabila penagihan PBB di masyarakat tercapai sesuai target dan dukanya apabila target tersebut belum tercapai, sehingga dipastikan harus bekerja ekstra keras untuk mencapainya.

Karena semua itu dikerjakan dengan penuh rasa tanggungjawab terhadap pekerjaan, akhirnya berbuah manis sehingga kolektor PBB Desa Majasari meraih reward berupa kendaraan roda dua (motor) sebanyak dua kali.

Kolektor PBB Desa Majasari, Anwar–akrab disapa Aweng–mengatakan, dalam melaksanakan tugas untuk meningkatkan etos kerja di wilayahnya, pihaknya bekerjasama dengan aparatur desa RT/RW untuk melakukan penagihan PBB.

“Dan ini tidak mudah, karena pekerjaan ini bersentuhan langsung dengan masyarakat, sementara dalam tugas pelaksanaan bekerja ini kami mengacu kepada Surat Keputusan (SK) yang diberikan, serta di dalamnya ada pertanggungjawaban kerja, dan kami melakukan pekerjaan tersebut dengan cara keliling door to door, dari rumah ke rumah,” paparnya.

Suka duka menjadi petugas kolektor PBB itu, sambung dia, merupakan pekerjaan yang tidak mudah, perlu keuletan, kesabaran dan pendekatan dengan masyarakat serta perlu memberikan pemahaman, agar mereka mengerti dan sadar pentingnya membayar kewajiban PBB.

“Diharapkan kedepan dengan adanya pendekatan dengan masyarakat, seringkali kami memberikan pemahaman tetang PBB sehingga masyarakat Desa Majasari mengerti pentingnya membayar kewajibannya, karena tingkat kesadaran masyarakat di desa kami sudah bagus,” ucap Anwar.

Dalam melaksanakan tugas penagihan PBB, pihaknya juga akan memberikan reward kepada RT/RW yang telah membantu.

“Hal ini penting untuk memotivasi dan merupakan perangsang bagi mereka, agar kerjasama antar pemerintahan desa dengan RT/RW bisa sinergi,” jelas Anwar.

Kepala Desa Majasari Tati Hermawati menyampaikan terimakasih kepada petugas kolektor PBB yang secara kontinyu, tidak ada rasa malas untuk merealisasikan penagihan terhadap masyarakat serta dibantu oleh RT/RW, sehingga proses penagihan berjalan lancar.

“Hal ini berkat kepercayaan yang diberikan kolektor kepada para pengurus RT dan RW di wilayah masing-masing dan kejujuran mereka sudah nampak sinergi dengan pihak Pemdes Majasari,” imbuhnya.

Berkat capaian PBB tersebut, ungkap Tati, Desa Majasari beberapa kali mendapat penghargaan reward dari Pemkab Subang dan diapresiasi oleh Camat Cibogo.

“Semenjak kami menjabat kades, reward yang diberikan berupa sepeda motor tahun 2017 dan 2019, sedangkan tahun 2014 mendapatkan TV dan 2015 mendapatkan komputer. Keberhasilan mendapatkan prestasi itu hasil kerja bareng bersinergi antara pemdes Majasari dengan pengurus lingkungan RT dan RW setempat. Diharapkan ke depan desa kita lebih maju dan tetap gotongroyong dalam mewujudkan pembangunan,” pungkas Tati.

(Sunardi/Ajat Sudrajat)

BERBAGI