Beranda Pendidikan & Pesantren Dalam Rangka HSN 2019, Lomba Baca Kitab Kuning Se-Kabupaten Subang Sukses Digelar

Dalam Rangka HSN 2019, Lomba Baca Kitab Kuning Se-Kabupaten Subang Sukses Digelar

BERBAGI

SUBANG- Sekitar 226 santri dari berbagai pondok pesantren se kabupaten Subang mengikuti Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) dan Musabaqah Hihdzul Kutub (MHK) atau lomba membaca dan menghafal kitab kuning dalam rangka Hari Santri Nasional (HSN) Tingkat Kabupaten Subang Tahun 2019 bertempat di aula kantor PCNU Kabupaten Subang, Jalan Darmodiharjo Subang, Selasa (08/10/2019).

Beberapa kitab kuning yang dilombakan diantaranya kitab Safinah, Taqrib, Fathul Muin, Jurumiyah, Imiriti dan kitab alfiyah yang seluruhnya merupakan kitab klasik warisan para ulama terkemuka di zamannya.

Antusiasme para santri ini menjadi bukti kiprah pesantren yang semakin maju di Indonesia, hal itu dikatakan salah seorang pembimbing peserta yang hadir, Aceng.

“Peserta sangat banyak sekitar 200-300 santri kurang lebihnya , paling banyak tingkat ula da wustha dari seluruh pesantren yang ada di kabupaten Subang, sangat antusias para santri ikut lomba MHQ dan MQK ini,” kata Aceng.

Sementara kordinator Lomba, KH Deden mengungkapkan rangkaian lomba dalam rangka HSN ini perlu diapresiasi seluruh pihak kompeten di kabupaten Subang sehingga pelaksanaan lomba tahun yang akan datang semakin baik.

“Al Hamdulillah salah satu rangkaian musabaqoh HSN kab sbg SDH selesai, hifdzul Mutun dan qiroatul kutub, walaupun banyak kekurangan dari segala hal tapi antusias para santri dari tiap tiap ponpes se kab subang sangat mendukung suksesnya kegiatan lomba ini,” ungkap Kordinator Lomba, KH Deden.

KH. Deden juga mengungkapkan kegiatan lomba ini menjadi pendorong bagi kesuksesan kegiatan lainnya dalam rangkaian HSN 2019 di kabupaten Subang hingga puncak kegiatan.

“Mudah-mudahan tahun depan segala bentuk kekurangan dalam Acara tersebut bisa di benahi, juga acara yang belum terlaksana semoga ada dalam kelancaran dan kesuksesan hingga acara puncak HSN 2019,” imbuhnya.

Lomba yang dibuka oleh Ketua Panitia HSN Tingkat Kabupaten Subang KH Abuzein ini diapresiasi banyak pihak, dalam sambutannya KH Abuzein mengungkapkan pentingnya lomba tersebut sebagai bukti eksistensi dan tonggak sejarah kebangkitan Pondok Pesantren di kabupaten Subang. Menurutnya rangkaian kegiatan dalam rangka HSN ini masih akan berlanjut hingga puncak acara pada 22 Oktober 2019.*

BERBAGI