Beranda Daerah Miris! Siswa SD Di Pabuaran Belajar Di Bawah Pohon Gegara Ruang Kelas...

Miris! Siswa SD Di Pabuaran Belajar Di Bawah Pohon Gegara Ruang Kelas Rusak

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Lantai sekolah kondisinya rusak dan babak belur membuat puluhan siswa belajar di bawah pohon mangga di halaman SD Negeri Hegarmanah, Kampung Peundeuy, Desa Pringkasap, Kecamatan Pabuaran, Sabtu (5/10/2019).

Kerusakan lantai sekolah sudah lama terjadi selain lantai bagian dalam hancur lantai bagian teras bangunan sekolah serta flapon ruangan pun terkelupas ditambah dengan minimnya meja dan kursi belajar siswa.

Akibat lantai sekolah rusak dan berdebu terpaksa ruangan sekolah dikosongkan untuk sementara waktu dan puluhan siswa harus belajar ditempat terbuka dibawah pohon. Dari enam ruang kelas yang ada dan diisi oleh 138 pelajar, satu kelas diantaranya harus belajar di ruangan terbuka.

“Siswa belajar di luar bangunan sekolah karena lantai sekolah rusak dan berdebu,” kata seorang pegiat pendidikan, Lukita Herawan.

Dia mengatakan, kerusakan lantai sekolah sudah lama hingga saat ini belum tersentuh kebijakan pemerintah daerah. Padahal sudah diajukan kepada intansi terkait agar segera diperbaiki namun sampai saat ini belum ada jawaban kapan lantai sekolah akan diperbaiki.

“Bangunan lantai sekolah terkelupas kondisinya jadi kumuh membuat siswa belajar tidak nyaman,” tuturnya.

Sementara itu, seorang pelajar siwa kelas 6, Yuda (12) menuturkan, lantai sekolah rusak dan berdebu saat terhempas angin debunya berterbangan kondisi semacam ini sangat menggangu pernapasan.

“Bangunan dan lantai sekolahnya rusak belajarnya jadi tidak nyaman,” kata Yuda.

Lantai sekolah rusak ada dua ruang kelas yakni ruang kelas 5-6 rata-rata keramiknya sudah hancur dan debunya bikin nyesek saat terhisap hidung.

“Ingin segera diperbaiki agar lantai sekolah bagus dan tidak berdebu,” pungkasnya.

Sandy Zaenudin

BERBAGI