Beranda Ekonomi Kebakaran Pasar Kalijati Ludeskan 400 Kios

Kebakaran Pasar Kalijati Ludeskan 400 Kios

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pasar tradisional kecamatan Kalijati Subang yang merupakan aset Desa Kalijati Timur, Sabtu (28/9/2019) malam pukul 22.30 WIB kebakaran. Api menghanguskan ratusan kios yang ada di bagian tengah, samping dan belakang.

Sampai Minggu (29/9/2019) pagi petugas dari Pemadam Kebakaran Satpoldam Subang masih melakukan proses pendinginan. Sedangkan para pemilik mengamankan barang yang bisa diselamatkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun kerugian yang diderita pedagang mencapai milyaran rupiah.

“Kami sejak semalam mengerahkan 4 unit kendaraan untuk menanggulangi kebakaran ini, ” kata Kabid Damkar Satpoldam, Dede Rosmayadi saat ditemui di lokasi kejadian.

Ia dengan dibantu Danramil Kapten Inf Wiknyo dan anggotanya serta polsek dan warga akhirnya berhasil memutus kebakaran api ke bangunan warga dan pasar bagian depan.

Dalam kejadian ini, jumlah mobil yang diterjunkan ke lokasi ada 6 unit, 4 unit dari Damkar Subang, 2 unit lagi bantuan dari Purwakarta.

Dari 400 kios yang terbakar, 300 berupa kios yang gunakan rolling dor dan 100 kios lapak.

“Untuk kios yang terbakar di tengah pasar dan posisinya di belakang semua barangnya ludes terbakar tak terselamatkan. Sementara kios yang berada di depan para pedagang masih bisa menyelamatkan barang dagangannya,” jelas Dede.

Petugas menduga kebakaran disebabkan adanya korsleting listrik di salah satu bangunan pasar dibagian tengah belakang. Sebab salah seorang saksi yang melihat dari seberang jalan atau Alun alun sekiranya pukul 23.00 WIB api sudah menyala dan membesar.

BERBAGI