Beranda Ekonomi Soal Pemkab ‘Ngutang’ Rp400 Miliar, Dedi J: Harusnya Fokus Dulu Tingkatkan Ekonomi...

Soal Pemkab ‘Ngutang’ Rp400 Miliar, Dedi J: Harusnya Fokus Dulu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Rencana Pemkab Subang untuk melakukan pinjaman daerah Rp400 miliar ke bank BJB guna membiayai sejumlah proyek infrastruktur, disesalkan kalangan masyarakat.

Tokoh Subang yang juga kader PDI Perjuangan (PDIP), Dedi J, mengatakan, perlu memberikan tanggapannya mengingat persoalan pinjaman dana ini merupakan hal urgen menyangkut hajat masyarakat banyak.

“Sebelumnya saya enggak berkomentar soal pemkab, namun persoalan ini signifikan sehingga harus diatensi,” ujarnya.

Menurut Dedi J yang sebelumnya pernah berpengalaman menjadi anggota DPRD dari Fraksi ABRI (Fraksi TNI/Polri), ada sejumlah alternatif solusi untuk membiayai kegiatan-kegiatan berbiaya tinggi di daerah, jika kondisi APBD minim atau tekor.

“Misalnya dengan menggenjot pendapatan daerah, PAD, atau dengan cara mengusulkan bantuan anggaran ke pusat lewat APBN untuk biayai kegiatan ‘high cost’ (berbiaya tinggi), mengingat terbatasnya kemampuan keuangan daerah,” paparnya.

Sebab itu, solusi pinjaman daerah alias ‘ngutang’ ke bank, bukan solusi ideal yang elok dijalankan.

“Kalau memang APBD enggak mampu, ya jangan dipaksakan, apalagi sampai harus ngutang, dikhawatirkan akan membebani rakyat,” tegas Dedi J yang pada Pilkada 2018 diusung PDIP mencalonkan sebagai Bupati Subang.

Karena itu saat ini, sambung dia, sebaiknya pemkab fokus dulu pada peningkatan taraf kesejahteraan ekonomi masyarakat.

“Ada baiknya saat ini fokus dulu pada upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi serta pendidikan masyarakat agar kedepan kian membaik, terlebih faktanya kondisi jalan di pelosok masih banyak yang rusak,” pungkas mantan Kabid Hukum Polda Jabar yang dalam perjalanan karirnya pernah meraih penghargaan Bintang Nararya dari Presiden RI.

BERBAGI