Beranda Hukum Hadiri Halal Bihalal, Dedi J: Kita Menang di DKPP, Proses Pilkada Belum...

Hadiri Halal Bihalal, Dedi J: Kita Menang di DKPP, Proses Pilkada Belum Selesai

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Tokoh masyarakat Subang, Dedi J, menegaskan, proses pilkada 2018 sampai sekarang masih berjalan dan menyisakan sejumlah permasalahan hukum yang kini tengah ditangani aparat berwenang.

Hal tersebut menyusul dikabulkannya gugatan pihaknya selaku paslon bupati pada Pilkada Subang 2018 di sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Saat itu, dirinya bersama Budi Setiadi selaku calon wakil bupati menggugat putusan Bawaslu Jawa Barat yang menyatakan laporan dugaan pelanggaran dana kampanye (LPPDK) paslon nomor 1 Ruhimat-Agus Masykur tidak memenuhi unsur pidana, ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Jakarta.

Hasilnya, DKPP mengabulkan gugatan pihaknya dan menghukum Koordiv Gakkumdu Bawaslu Jabar, Sutarno. Dalam putusannya, DKPP menilai Bawaslu Jabar telah bertindak tidak profesional serta melanggar peraturan yang berlaku saat menangani laporan dugaan pelanggaran dana kampanye paslon.

Dengan demikian, putusan Bawaslu Jabar yang menyatakan laporan dugaan pelanggaran LPPDK (laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye) paslon tidak memenuhi unsur pidana pemilu, berpotensi cacat hukum.

Terlebih diketahui, bahwa putusan Bawaslu Jabar yang diumumkan di papan informasi Bawaslu tersebut, diduga palsu berdasarkan keterangan dan pengakuan Ketua Bawaslu Jabar HM Wasikin Marzuki yang disampaikan di sidang DKPP.

Sehingga, kasus ini kemudian dilaporkan ke Polda Jabar dan sampai sekarang masih terus diproses hukum oleh penyidik terkait.

“Kita sudah menang gugatan di DKPP dan proses di Polda terus berjalan sampai sekarang. Jadi proses pilkada ini belum tuntas,” tegas Dedi J saat menghadiri kegiatan Halal Bihalal Ikatan Santri Subang (IKSAS) dan reuni alumni Ponpes Cipulus Purwakarta, yang digelar di Pondok Pesantren Al-Hasanah Kampung Buher Desa Margahayu Kecamatan Pagaden Barat, Rabu (10/7/2019) lalu.

Dengan berbekal putusan DKPP dan proses hukum di polda, maka proses pilkada tersebut masih terus berlanjut.

“Biarkan yang lain dapat ‘kendaraannya’, tapi saya dapat ‘surat-suratnya’,” pungkas Dedi J disambut antusias oleh warga.

Sementara itu, kegiatan halal bihalal Ponpes Al-Hasanah pimpinan Ust Hasan ini turut dihadiri oleh Pimpinan Ponpes Cipulus Purwakarta KH Adang Badrudin, Ketua PCNU Subang KH Satibi, tokoh Subang Kolonel Inf Dodi Sudarno, alumni Lemhannas Anton Kalake, tokoh PDIP Subang Ir Awang Gunawan, Kades Margahayu H Main, kader GP Ansor / Banser, tokoh masyarakat dan pemuda, serta alim ulama Pagaden Barat.

BERBAGI