Beranda Pendidikan Hadiri Halal Bihalal Ponpes Al-Hasanah, Dedi J Sampaikan Taushiyah Kebangsaan

Hadiri Halal Bihalal Ponpes Al-Hasanah, Dedi J Sampaikan Taushiyah Kebangsaan

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Tokoh masyarakat Subang, Kombespol Dedi J, menghadiri kegiatan Halal Bihalal Ikatan Santri Subang (IKSAS) dan reuni alumni Ponpes Cipulus Purwakarta, yang digelar di Pondok Pesantren Al-Hasanah Kampung Buher Desa Margahayu Kecamatan Pagaden Barat.

Kehadiran Dedi J bersama rombongan, langsung disambut antusias oleh para santri dan masyarakat Pagaden Barat.

Dalam acara yang berlangsung Rabu pagi (10/7/2019) itu, Dedi J yang juga Pembina Ponpes Al-Hasanah didaulat menyampaikan taushiyah kebangsaan kepada para santri dan masyarakat setempat.

Dalam taushiyahnya, mantan Kabid Hukum Polda Jabar ini mengungkapkan peran penting kalangan pesantren dan para santri dalam sejarah perjuangan merebut kemerdekaan RI dari kaum penjajah.

“Kaum santri adalah pelopor perjuangan, pahlawan yang berjasa besar merebut kemerdekaan dari para penjajah,” ujarnya.

Karena itu kedepan, pihaknya berharap, para santri harus menjadi pelopor pembangunan dan tumbuh menjadi calon-calon pemimpin bangsa.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Dedi J menyampaikan amanat mengenai pentingnya para santri memiliki prinsip-prinsip dasar kepemimpinan hidup.

“Ada tiga prinsip dasar yang harus dipegang dan dijalankan para santri agar berhasil, yakni, tanggap, tanggon (tangguh) dan tangginas,” paparnya.

Para santri dan kalangan pesantren lainnya sebagai elemen penting bangsa, juga harus memegang teguh dan menjalankan empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Dalam kesempatan itu, Dedi J yang pada Pilkada 2018 mencalonkan Bupati Subang, juga menyoroti proses hukum permasalahan yang terjadi pada Pilkada Subang 2018, yang hingga kini masih terus berlangsung.

“Proses hukum masih berjalan sampai sekarang, persoalan pilkada ini belum selesai,” tegasnya.

Sementara itu, kegiatan halal bihalal juga turut dihadiri oleh Pimpinan Ponpes Cipulus Purwakarta KH Adang Badrudin, Ketua PCNU Subang KH Satibi, tokoh Subang Kolonel Inf Dodi Sudarno, Pimpinan Ponpes Al-Hasanah Desa Margahayu Ust Hasan, alumni Lemhannas Anton Kalake, tokoh PDIP Subang Awang Gunawan, Kades Margahayu H Main, kader GP Ansor / Banser, tokoh masyarakat dan pemuda, serta alim ulama Pagaden Barat.

BERBAGI