Beranda Ekonomi & Wisata Wisata Alam Cisegrog Rancamanggung Bisa Jadi Magnet Pariwisata Nasional

Wisata Alam Cisegrog Rancamanggung Bisa Jadi Magnet Pariwisata Nasional

BERBAGI

SUBANG- Wisata alam Cisegrog merupakan salah satu Obyek Daerah Tempat Wisata (ODTW) wisata tersebut, terletak di wilayah Kampung Sukapuyuh Desa Rancamanggung Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang.

Dalam kesehariannya Kehidupan warga masyaraka desa tersebut, adalah mayoritas para petani ladang, destinasi wisata tersebut memiliki keindahan alam yang sangat sejuk dan bersih dari polusi, serta di sekelilingnya di hiasi oleh hutan lindung yang sangat elok di pandang.selain itu juga Desa tersebut memiliki hamparan tanah pertanian yang sangat subur.

Tokoh Budaya Pemangku Adat Asep Ahmad saat di mintai tanggapan mengatakan,”Dengan adanya wisata tersebut, kami ingin menggali potensi kearifan budaya lokal, keberadaan Desa Rancamanggung adalah salah satu komplek budaya, yang perlu di kemas serta di jadikan wahana atau sejarah kehidupan cagar budaya ditengah – tengah warga masyarakat Desa Ranca Manggung, ada beberapa cagar budaya yakni situs ,seni tradisonal, kampung adat,dan alat- alat pertanian tradisional jaman dulu, di kemas untuk melengkapi serta mewarnai wisata tersebut,” ungkapnya.

Asep juga menambahkan,” bahwa seni dan budaya tradisiaonal ini adalah,untuk
Menarik para wisatawan yang datang,baik wisatawan Dimestik maupun wisatawan yang datang dari luar, sementara kami menciptakan kultur budaya yang di dalamnya untuk meciptakan rumah adat Sunda pada jaman dulu, yang di dalamnya di isi prabotan rumah tangga jaman dulu, seperti tolowengkar, Lodong alat sadapan, garu atau wuluku alat petanian,Lisung,kele alat untuk ngambil air,termasuk kaulinan budak bahela serta alat-alat lainnya. Diharapkan kedepan dengan kemasan alat dan seni budaya di padukan dengan wisata alam tersebut, supaya menjadi daya tarik bagi para wisatawan,” imbuhnya.

Terpisah Kepala Desa Rancamanggung K. Abas Sujana melalui Ketua BPD Desa Ranca Manggung Maman Suryatna
mengatakan,”Kegiatan wisata alam Cisegrog saat ini baru di laksanakan pembagunan seluas 4 atau 5 hektar dan itu di lakukan secara bertahap, kemudian di wisata tersebut, ada beberapa plot zona wisata, yakni ada zona wisata edukasi, kemudian zona pertanian dan wisata reliji juga ada. Terlebih dari wisata ini sinergi dengan pengelola, sementara jumlah luas yang akan di bangun semuanya di perkirakan 15 hektar kurang lebih, selanjutnya, jarak tempuh dari arah Desa Ranca Manggung di perkirakan 3 kilo meter sementara yang jadi kendala adalah jalan itu masih belum maksimal,” lanjutnya.

Diharapkan,”Dengan berdirinya wisata alam Cisegrog ini adalah intiplasma untuk pengembangan serta di dalamnya melibatkan aparatur desa, Karang taruna serta stakholder yang ada, serta untuk menyerap tenaga kerja bagi warga masyarakat dan tidak mengurangi aktifitas kerja sehari- hari karena di dalamnya multi pungsi sesuai dengan keahliannya masing- masing,” ujarnya.

(Ajat.S/M.Sunardi)

BERBAGI