Beranda Hukum Warga Protes Blangko E-KTP Kosong

Warga Protes Blangko E-KTP Kosong

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Warga Subang mengeluh soal kosongnya blangko KTP Elektronik (E-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil). Pasalnya, akibat kekosongan blangko, warga yang membuat KTP hanya mendapat KTP sementara atau surat keterangan (Suket).

“Gimana pemerintah, ngadain KTP aja enggak bisa, apalagi ngurus yang lain,” ujar warga Blanakan, Darliah, Kamis (4/7/2019).

Ia menyampaikan, dengan diberinya suket warga jadi susah untuk melakukan aktivitas. Karena KTP yang seharusnya bisa masuk di dompet kini harus bawa tas besar. Karena suketnya gak bisa dilipat kalau dilaminating.

“Kalau gak dilaminating bisa dilipat, tapi berisiko rusak,” tambahnya.

Tokoh masyarakat Blanakan, Sunarto Amrullah mengaku banyak warga yang ngadu soal suket kepada dirinya. Oleh karenanya ia mendesak pemerintah untuk bisa kembali mengadakan blangko E-KTP agar tidak ada keluhan lagi yang disampaikan warga.

“Harusnya segera diatasi, masa sudah dua bulan warga balik lagi pakai suket,” ujarnya.

Menurutnya, kalau persoalan itu adanya di pemerintah pusat. Maka pemerintah daerah se-Indonesia harusnya mendesak pemerintah pusat agar bisa segera diatasi.

“Ini kan persoalan pelayanan langsung sama masyarakat, jadi sangat penting. Jadi pemda-pemdanya lah yang harus bergerak,” pungkasnya.

BERBAGI