Beranda Uncategorized Waduk Sadawarna Bisa Selamatkan 4500 Hektar Sawah di Subang dan Indramayu dari...

Waduk Sadawarna Bisa Selamatkan 4500 Hektar Sawah di Subang dan Indramayu dari Kekeringan

BERBAGI

SUBANG- Proyek pembangunan Bendungan Waduk Sadawarna paket 1 Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jendral Sumberdaya Air BBWS Bale Besar Wilayah Sungai Citarum, pembangunan tersebut akan di laksanakan oleh 4 PT.yakni PT.WIKA , PT. DMT, PT BARATA, dan PT.KSO. Kegiatan tersebut di hadiri muspika kecamatan Cibogo serta seluruh warga masyaraka Desa Sadawarna dan tamu undangan lainnya, kegiatan tersebut digelar di Aula Kantor Desa Sadawarna, Kamis(04/7/2019).

Kepala Desa Sadawarna Juhedi Rudiawan dalam sambutannya mengatakan,” pembangunan bendungan waduk sadawarna merupakan upaya pengelolaan sumber daya air yang telah di rencanakan oleh Kementerian PUPR, Dirjen SDA melalui BBWS Citarum untuk mengatasi kebutuhan air yang semakin meningkat, proyek pembangunan bendungan Sadawarna terletak di wilayah Kabupaten Subang dan Sumedang propinsi Jawa Barat yang akan segera di realisasikan,” ucapnya.

Juhedi Rudiawan menjelaskan,”Bahwa dengan adanya pembangunan , bendungan Sadawarna itu besar manpaatnya untuk mengairi kepesawahan yang ada di Kabupaten Subang dan Kabupaten Indramayu serta secara otomatis akan meningkatkan swasembada pangan, selain itu juga akan menyerap tenaga kerja bagi warga masyarakat Desa Sadawrna sesuai dengan sekilnya masing- masing,” imbuhnya

Terpisah, Dwiprayoga Pelaksana Kegiatan PT. Wika saat di sambangi di sela-sela kegiatan mengatakan,” pihaknya sebagai pelakasana kontruksi lapangan, dia di amanatkan untuk melaksanakan pembangunan bendungan yang meliputi tiga Kabupaten. Sementara untuk pekerjaan, kami lebih banyak beraktifitas di Desa Sadawarna karena lebih luas wilayahnya yang harus di kerjakan, sementara bendungan tersebut meliputi 3 Kabupaten yakni Kabupaten Subang, Indramayu dan Sumedang, serta manpaatnya adalah untuk mengairi pesawahan di dua Kabupaten yakni, Kabupaten Subang dan Indramayu seluas 1500 hektar, dan kedepan bendungan tersebut tersebut akan di jadikan pembangkit listrik,” Jelasnya.

Lanjutnya,” Kami juga berharap karena aliran sungai Cipunagara cukup deras maka kita manpaat kan untuk ketahanan air dan kedaulatan pangan, kemudian air tersebut di tampung debet airnya, atau saluaran airnya nanti bisa kita manpaatkan untuk dipasok ke irigasi- irigasi, sehingga pesawahan yang ada di pantura tidak akan mengalami kekeringan,” terang dia di kesempatan yang sama.

Sementara irigasi tersebut, akan mengairi ke wilayah Kabupaten Subang dan Indramayu seluas 4.500 hektar pesawahan. Namun dengan adanya bendungan waduk Sadawarna akan mengubah ekosistem, untuk menampung debet air, sehingga pesawahan – pesawahan yang ada di wilayah tersebut bisa lebih maksimal,dan akan mendongkrak suwasembada pangan,” pungkasnya.

Ajat Sudrajat

BERBAGI