Beranda Nasional Jadi Khotib Salat Id, Kapolda Jateng Sebut Pancasila Sebagai Aktualisasi Ajaran Al-Qur’an

Jadi Khotib Salat Id, Kapolda Jateng Sebut Pancasila Sebagai Aktualisasi Ajaran Al-Qur’an

BERBAGI

Jabarpress.com, Semarang-Kapolda Jawa Tengah, Irjen (Pol) H Rycko Amelza Dahniel didaulat menjadi khotib salat Idul Fitri 1440 H yang digelar di lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang, Rabu (5/6/2019). Sedangkan bertindak selaku imam yakni KH Zainuri Ahmad Al Hafidz, pengasuh Pondok Pesantren Nurul Qur’ani Kabupaten Semarang.

Dalam khotbahnya, Kapolda menjelaskan tentang Pancasila dalam implementasi kehidupan Islami dan juga sebagai warga negara yang taat hukum.

“Dalam Al-Qur’an, Allah tidak melarang umatnya berbuat baik terhadap orang berbeda agama, ini menandakan sikap saling menghormati harus kepada semua kalangan, sesuai dengan prinsip rahmatan lil alamin,” ujar Irjen Rycko.

Dia mengatakan, Pancasila adalah dasar dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila merupakan ekstrak dari nilai-nilai dan budaya bangsa Indonesia. Sementara sebagai muslim berwarga kenegaraan Indonesia, wajib memikul dwitunggal sebagai identitas. Yaitu harus mengamalkan ajaran Al-Qur’an dan sebagai rakyat Indonesia harus menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah berbangsa dan bernegara.

Dia menuturkan, sila-sila yang terdapat dalam Pancasila sudah sesuai dan selaras dengan kandungan ajaran dalam Al-Qur’an. Karena itu, Al-Qur’an sebagai sumber ajaran harus diaktualkan dengan melibatkan nilai dari sila Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Ini bukan berarti menundukkan Al-Qur’an di bawah bayang-bayang Pancasila, tetapi Al-Qur’an tetap menjadi sumber utama. Sedangkan nilai Pancasila sebagai wadah mengaktualkan nilai-nilai Al-Qur’an,” tegas Rycko yang merupakan Kapolda Jateng pertama yang menjadi khotib Salat Id.

BERBAGI