Beranda Ekonomi Jelang Lebaran, Tol Cipali Siap Dipakai Arus Mudik

Jelang Lebaran, Tol Cipali Siap Dipakai Arus Mudik

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dinyatakan siap dilalui para pemudik khususnya yang akan ke wilayah timur, termasuk dijadikan jalur satu arah.

“Kita sudah siap termasuk penambahan sarana dan prasarana di jalur maupun rest area,” Kata Direktur Operasional PT LMS, Agung Prasetyo didampingi Kepala Cabang, Suyatno, Rabu (15/5/2019).

Agung memperkirakan arus mudik pada tahun ini ada kenaikan 12 persen dsri tahun sebelumnya.

“Data kendaraan tahun sebelumnya H+3 mencapai 80.912 kendaraan dan sekarang 9 Juni 2019 diperkirakan 94.510 kendaraan,” ungkapnya.

Selain itu di gerbang Palimanan pintu normalnya 12 gardu akan ditambah menjadi 26 gardu. Tidak hanya itu pihak PT Lintas Marga Sedaya (LMS) menyiapkan serta tempat penjualan 4 ribu kartu bagi yang kehabisan.

“Kalau menjelang rest area ada antrian jangan memaksakan masuk tetapi bisa keluar dahulu karena tarip tidak akan berkurang,” jelas Agung.

Kanit PJR Tol Cipali, AKP Azis Sarifudin meminta pengguna jalan tol apalagi perjalanan jauh untuk memeriksa kendaraannya dan tidak memacu kendaraan lebih dari 100 Km/jam, termasuk bila kondisi badan kurang fit untuk beristirahat.

“Jalannya cukup baik dan lurus sehingga kerap menggoda untuk memacu kendaraan lebih cepat, ” jelas Azis hingga tak jarang mengakibatkan kecelakaan.

Dia menyebutkan, angka kecelakaan di Tol Cipali pada 2018 laka sebanyak 1.197 kali sehingga tercatat yang meninggal dunia sebanyak 71 orang, luka berat 243 dan ringan 887.

“Sedangkan pada 2019 sampai April lalu sudah cukup banyak, lebih dari 200 kejadian,” katanya.

Sedangkan Kasatlantas Polres Subang yang diwakili KBO Iptu Ikin Sodikin menjelaskan kesiapan jajarannya sebagai wilayah yang bakal dilalui jalur mudik maupun balik.

BERBAGI