Beranda Daerah Datangi Bawaslu, Forum Masyarakat Pemantau Pemilu Adukan Caleg Diduga Money Politic

Datangi Bawaslu, Forum Masyarakat Pemantau Pemilu Adukan Caleg Diduga Money Politic

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Sejumlah massa dari Forum Masyarakat Pemantau Pemilu mendatangi Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Subang, Kamis (9/5/2019).

Informasi yang dihimpun, kedatangan massa dengan membawa spanduk bertuliskan “Usut tuntas para pelaku money politic, karena merusak tatanan demokrasi” ini, guna mengadukan dua caleg PAN dari Dapil Subang II (meliputi Kecamatan Sagalaherang, Serangpanjang, Ciater, Jalancagak, Kasomalang, Cisalak dan Tanjungsiang), yakni nomor 2 tatang kusnandar (TK) dan nomor 1 popon supriatin (PS) atas tudingan money politic (politik uang).

“Kami punya bukti-bukti terkait dugaan money politic oleh caleg-caleg ini. Kami minta Bawaslu segera memprosesnya,” ujar Ketua Forum Masyarakat Pemantau Pemilu 2019, Enjang Taupik Hidayat, saat menyambangi Bawaslu Subang, Kamis (9/5/2019).

Bukti-bukti yang dimilikinya, diantaranya percakapan pesan WA dan rekaman video saat terjadi transaksi uang. Pria yang akrab disapa Enjang Blek ini mengungkapkan, peristiwa dugaan politik uang oleh caleg TK dan PS ini terjadi di masyarakat Desa Bukanagara Kecamatan Cisalak dan Desa Cikadu Kecamatan Tanjungsiang.

“Saat itu timses caleg TK dan PS melakukan sosialisasi pencoblosan nama yang bersangkutan dalam kertas suara kepada masyarakat pemilih, selanjutnya dilakukan pembagian uang secara variatip antara Rp20.000 sampai Rp75.000 per orang kepada masyarakat pemilih setempat pada saat sebelum pencoblosan 17 April 2019,” papar Enjang.

Berdasarkan temuan ini, pihaknya meminta lembaga berwenang agar memprosesnya sesuai ketentuan KUHP dan UU Pemilu.

Menanggapi pengaduan massa, Ketua Bawaslu Subang, Parrahutan Harahap, mengatakan, apa yang disampaikan oleh Forum Masyarakat Pemantau Pemilu 2019 baru sebatas konsultasi.

“Tadi itu konsultasi, mungkin baru besok mereka laporan resmi ke Bawaslu,” katanya.

Sementara itu, pihak terkait lainnya belum memberikan tanggapannya ihwal dugaan money politic yang diadukan oleh massa Forum Masyarakat Pemantau Pemilu 2019 ini.

Redaksi

BERBAGI