Beranda Hukum Mapancas Kutuk Insiden Baku Hantam Oknum Ketua Bawaslu dan Caleg

Mapancas Kutuk Insiden Baku Hantam Oknum Ketua Bawaslu dan Caleg

BERBAGI

Jabarpress.com, Jakarta-Insiden baku hantam antara Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung Januar Solehudin dengan Caleg Partai Hanura Cecep Supriatna yang berujung pada saling lapor ke pihak kepolisian atas tuduhan penganiayaan, menimbulkan keprihatinan sekaligus kekecewaan dari berbagai kalangan masyarakat. Terlebih, insiden kekerasan itu diduga melibatkan oknum pimpinan Bawaslu selaku pejabat publik.

Ketua Dewan Pembina Pusat DPP Mahasiswa Pancasila (Mapancas), Sachrial Abu Dzar, menyesalkan sekaligus mengutuk aksi kekerasan yang diduga melibatkan Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung, Januar Solehudin.

Bahkan, Sachrial menilai, tindakan kekerasan yang dilakukan seorang pejabat publik, memiliki dampak berbahaya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kekerasan yang dilakukan oleh pejabat negara lebih berbahaya daripada kekerasan yang dilakukan oleh tukang becak,” tegas Sachrial.

Selanjutnya, dirinya mengingatkan, bahwa Ketua Bawaslu adalah pejabat publik yang seharusnya mengayomi
warganya.

“Ketua Bawaslu juga telah menggunakan media sebagai alat kebohongan dan penekanan opini sebaliknya. Dia tidak menghargai korban sebagi peserta pemilu, juga sebagai tim koalisi pemenangan Capres/Cawapres 01 Jokowi-Ma’ruf Amin,” paparnya.

Menurut dia, terlepas jabatan yang melekat diemban korban (Caleg Cecep Supriatna), korban adalah kader yang harus dijaga hak kemanusiaannya dan tidak boleh dianiaya, apalagi oleh pejabat publik.

Karena itu, selaku Dewan Pembina, dirinya menginstruksikan Ketua Mapancas Jabar dan Kabupaten Bandung untuk segera melaporkan insiden ini kepada pihak terkait, khususnya dewan etik Bawaslu Jabar.

“Kami juga meminta semua kader Mapancas se-Indonesia untuk menahan diri. Kita percayakan pada pihak yang diamanahi dan difasilitasi negara untuk bertindak adil. Selain itu, kejadian ini akan kami pantau terus perkembangannya hingga tuntas,” pungkas Sachrial.

Sebelumnya diberitakan, seorang Caleg dari Partai Hanura Kabupaten Bandung, Cecep Supriatna (CS), dan Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung, Januar Solehudin (JS), dikabarkan terlibat insiden baku hantam, yang berujung pelaporan kepada Kepolisian Resort (Polres) Bandung.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, akibat insiden yang terjadi pada Jum’at, 3 Mei 2019 di Kantor Bawaslu Jl. Soreang-Ciwidey Kabupaten Bandung itu, kedua belah pihak, baik Caleg CS maupun Ketua Bawaslu JS, sama-sama melapor ke Polres Bandung.

Diketahui, CS melaporkan JS lebih dulu ke Polres Bandung atas dugaan tindak pidana penganiayaan sebagaimana Pasal 352 KUHPidana dengan laporan Nomor: LP/B.197/V/2019/JBR/Res Bdg.

Sebaliknya, JS juga melaporkan CS dengan Pasal KUHPidana yang sama, dengan laporan Nomor: LP/B.198/V/2019/JBR/Res Bdg.

Redaksi

BERBAGI