Beranda Daerah Amanat Dedi J Untuk Wisudawan Santri Ponpes Darul Falah Cisalak

Amanat Dedi J Untuk Wisudawan Santri Ponpes Darul Falah Cisalak

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Falah Desa Cimanggu Kecamatan Cisalak menggelar Wisuda Santri Angkatan ke-XI Tahun 2019, Sabtu (4/5/2019).

Kegiatan wisuda ini dihadiri oleh tokoh masyarakat Subang yang juga Dewan Pembina Ponpes Darul Falah, Kombespol Dedi J; Pimpinan Ponpes Darul Falah Kyai Ridwan Hartiwan; Pelopor teknik cepat baca Al-Qur’an ‘Metode Quantum’, Ust Miftahudin; para orangtua santri/wisudawan/wisudawati; para santri alumni; dan tamu undangan, diantaranya para pengurus Sapma PP.

Dalam sambutannya, Pimpinan Ponpes Darul Falah Cisalak, Kyai Ridwan Hartiwan, meminta para wisudawan agar memanfaatkan serta mengamalkan ilmu yang telah didapat selama di pondok itu dalam kehidupan di masyarakat. Dan yang juga penting, agar tetap terus menjaga silaturahmi dengan pondok.

“Minimal setahun sekali para alumni harus datang berkunjung ke pondok, silaturahmi,” ujarnya.

Kyai Ridwan juga menekankan pentingnya para alumni ponpes untuk memelihara moral/akhlak sehari-hari serta berbakti kepada orangtua.

“Kalau ada wisudawan atau alumni berbuat melanggar syariat, dia dianggap keluar dari pondok. Karena itu, jaga akhlak kalian, jaga moral kalian, dan tetaplah berbakti pada orangtua,” tegasnya.

Sementara itu, dalam amanatnya, Dewan Pembina Ponpes Darul Falah Cisalak, Kombespol Dedi J, menyampaikan tiga hal penting kepada para santri wisudawan/wisudawati. Pertama, agar para santri maupun alumni senantiasa menjaga nama baik dan kehormatan Ponpes Darul Falah selaku almamater; kedua, agar mengamalkan segala ilmu yang didapat selama mondok di tengah masyarakat; dan ketiga, agar secepatnya mampu beradaptasi, menyesuaikan dengan lingkungan baru dalam kehidupan masyarakat

Dedi J yang mantan Kabid Hukum Polda Jabar ini juga menekankan pentingnya para santri menjaga perilaku atau akhlak sehari-hari.

“Percuma jadi insinyur, jadi sarjana hukum, atau jadi apapun, kalau tidak bermoral, kalau tidak berakhlak. Maka itu, jagalah akhlak,” ucap Dedi J yang mengawali sambutannya dengan berbahasa Inggris.

Dia juga berharap kedepan akan lahir para calon pemimpin bangsa yang berasal dari alumni-alumni Ponpes Darul Falah, sehingga akhlak kepemimpinannya terjaga.

“Semoga para alumni Darul Falah ini kelak ada yang jadi bupati, ada yang jadi gubernur, atau posisi-posisi penting lainnya, supaya tidak korupsi. Saya selaku pembina pesantren, juga Pak Kyai Ridwan selaku pimpinan pesantren, tentu sangat bangga jika para alumninya sukses, atau ada yang bisa meraih posisi penting di pemerintahan,” papar Dedi J yang juga Advokat Utama Mabes Polri ini.

Pantauan, kegiatan wisuda santri ini turut menyuguhkan kesenian gamelan Sunda sebagai wujud apresiasi atas kearifan lokal. Tak lupa, para santri juga mengumandangkan sholawat, Lagu Indonesia Raya serta Mars Yaa Lal Wathon yang merupakan mars khas NU (Nahdhatul Ulama). Kegiatan dilanjutkan dengan prosesi wisuda oleh Pimpinan Ponpes Darul Falah Kyai Ridwan Hartiwan, Dewan Pembina Darul Falah Kombespol Dedi J didampingi istri, Ibu Novaida.

BERBAGI