Beranda Ekonomi Jelang Ramadhan, Harga Kepokmas Masih Stabil

Jelang Ramadhan, Harga Kepokmas Masih Stabil

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Jelang memasuki bulan Ramadhan 1440 H, harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) di wilayah Kabupaten Subang masih stabil. Kalaupun ada kenaikan beberapa komoditas, itu karena permintaan yang tinggi sedangkan pasokan kurang.

“Untuk harga daging masih tetap belum ada perubahan sekilogram Rp120 ribu,“ kata H Ade, pedagang besar daging di Pasar Baru Sukamelang, kepada tim Satgas Pangan yang dipimpin Kapolres Subang, AKBP H Muhammad Joni, Jumat (3/5/2019).

Hanya saja, kata dia, kenaikan kerap terjadi bila menjelang Idul Fitri, karena permintaan banyak dan pasokan hewannya mulai berkurang.

“Kita kan ngambil dari Jawa Tengah serta daerah lainnya, dan kalaupun ada kenaikan tidak akan terlalu tinggi,“ ujarnya.

Kapolres Subang, AKBP H Muhammad Joni didampingi Kasubdivre Bulog, Dandi Arianto, Kabid Perdagangan DKUPP, H Nurudin, Kabag Ekonomi dan Kasatreskrim, AKP M.Ilyas Rustiandi mengatakan, tujuan sidak hanya ingin memastikan bahan pokok jelang bulan Ramadhan untuk wilayah Kabupaten Subang agar aman dan tercukupi.

Soal ada kenaikan seperti olahan hasil tangkap laut dikarenakan cuaca yang kurang mendukung, termasuk beberapa sayuran. Harga kebutuhan bahan pokok memang ada yang mengalami kenaikan. Tetapi kenaikan masih dalam batas normal dan kewajaran.

“Yang jelas tim kita masih terus melakukan pemantauan terutama jangan sampai ada kendala apalagi penimbunan. Jelas akan kita tindak dengan tegas bila ditemukan, termasuk mengolah dengan bahan bahan membahayakan,“ kata Joni sambil meminta Dinkes dan Keswan Disnak melakukan pengecekan khusus.

Kasubdivre Bulog, Dandi disela-sela kunjungan menjelaskan, kenaikan bahan pokok jelang tahun baru terbilang masih wajar. Kemudian untuk ketersedian bahan pangan dipastikan aman untuk tiga bulan ke depan. Bahkan pihaknya khusus beras tersimpan di gudang masih tercukupi.

“Sekarang kan sedang panen serentak sehingga harga stabil, bahkan tadi dikatakan oleh pedagang beras ada yang turun berkisar Rp 500/kg,“ katanya.

BERBAGI