Beranda Ekonomi Membandel, Pengelola Obyek Wisata Sari Ater Tak Setor Dividen Rp12,6 Miliar ke...

Membandel, Pengelola Obyek Wisata Sari Ater Tak Setor Dividen Rp12,6 Miliar ke Pemkab Subang

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pengelola obyek wisata pemandian air panas Sari Ater di Kecamatan Ciater, PT Sari Ater Hotel & Resort, selama dua tahun terakhir belum menyetorkan bagi hasil kepada Pemkab Subang selaku pemilik lahan.

Akibatnya, dividen yang harus ditagih oleh pemkab membengkak hingga sebesar Rp12,6 miliar, yang seharusnya menjadi pemasukan bagi PAD Subang.

Pemkab Subang selaku pemilik lahan tempat wisata pemandian air panas sudah melakukan penagihan ke pihak Sari Ater. Bahkan dua Bupati Subang mulai dari Ating Rusnatim hingga Ruhimat sudah melayangkan surat penagihan. Namun hingga kini belum ada kejelasan dari pihak Sari Ater.

“Sudah ada penagihan atas dividen kepada Sari Ater, terakhir pada bulan Desember 2018, namun belum ada kejelasan,” ujar Kabid Penagihan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Subang, Tian, Rabu (27/3/2019).

Menurutnya, alasan yang diterima Pemkab atas belum disetornya dana bagi hasil oleh Sariater disebabkan adanya amortisasi.

“Kita hanya dapat alasan karena adanya amortisasi. Kebijakan itu keluar bukan dari kami. Kita jelaskan disini bahwa penagihan ada prosedurnya karena ini bukan pajak, tapi dividen,” ucapnya.

Tunggakan bagi hasil untuk Pemkab Subang pada tahun 2017 tercatat sebesar Rp6,1 miliar, sedangkan untuk tahun 2018 sebesar Rp6,5 miliar.

Akibat banyaknya permasalahan yang terjadi di PT Sariater, LSM AKSI melaporkannya ke Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. Sejauh ini pihak Kejati Jabar dikabarkan telah meminta keterangan sejumlah pihak baik dari pegawai Pemkab maupun pihak Sari Ater.

BERBAGI