Beranda Jabar Kumpulkan Caleg, MAPANCAS Jabar Gelar Silaturahmi Kebangsaan

Kumpulkan Caleg, MAPANCAS Jabar Gelar Silaturahmi Kebangsaan

BERBAGI

Jabarpress.com, Bandung-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Mahasiswa Pancasila (MAPANCAS) Jawa Barat menggelar kegiatan Silaturahmi Kebangsaan bertema “Pancasila untuk Semua, Semua untuk Pancasila” di RM Ponyo Cinunuk Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis (21/03/2019).

Dalam kegiatan ini, OKP MAPANCAS mengundang seluruh kader maupun pengurus yang mencalonkan diri menjadi anggota legislatif (caleg) DPD RI, DPR RI, DPRD Propinsi, serta DPRD Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Barat pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) Tahun 2019.

Kegiatan dihadiri para senior MAPANCAS, diantaranya, H Rahmat Sulaeman (Ketua MKGR Jabar), Tatang Suratis, Husni Farhani Mubarok, Ridwan Eko, Imam Syafei (Ketua Gema MKGR Jabar), Sekjen DPP MAPANCAS Urikyanto, serta pengurus kabupaten/kota di Jabar.

Pembina DPP Mahasiswa Pancasila, Sachrial Abu Dzar, mengatakan, jika MAPANCAS menjadi spirit kebersamaan abadi yang perlu dipertahankan.

“Selama kita meyakini bahwa kita bisa disatukan oleh MAPANCAS tidak menjadikan sebuah persaingan,” ungkapnya dihadapan 19 Caleg MAPANCAS.

Menurut mantan Ketum DPP MAPANCAS ini, jaringan yang dibangun Mapancas merupakan jaringan kebaikan untuk kemajuan bangsa dan negara.

“Politik bukan tujuan tapi membuat jaringan itulah yang lebih penting sehingga menjadi siapa saja yang menang adalah sebuah kebahagiaan,” kata Sachrial ditengah teriakan ‘Pancasila Abadi’.

Salah seorang mantan Caleg DPD RI Tatang Suratis berbagi pengalamannya saat menjadi Caleg DPD RI di 2014, baginya banyak cara untuk mengabdi kepada bangsa, menurutnya nilai-nilai itu ada pada spirit Mapancas.

“Ada dinamika politik yang harus dibangun setelah 20 tahun yang lalu, silahkan teruskan perjuangan, saya dulu pernah mencalonkan dan jaringan saya ini masih bisa digunakan oleh kawan-kawan,” ucapnya.

Menurut Tatang, “Mapancas itu kuat, dan saya pernah merasakannya,” tegasnya.

Tokoh senior MAPANCAS, H Rahmat Sulaeman, yang kini maju Caleg DPR RI dari Partai Golkar, memberikan motivasi dalam menjaga keutuhan bangsa kepada para aktivis Mapancas yang berkesempatan maju di Pileg 2019.

“Bagaimana kita bisa mempertahankan NKRI, kalau masih ada fitnah dan isu, fitnah masih berjalan, dan di Mapancas itu tentu Kita tetap bersandar pada Yang Kuasa namun kita tetap harus berikhtiar untuk menang,” imbuh politisi Partai Golkar yang pernah menjabat Anggota DPRD Jabar dan Ketua DPD KNPI Jabar ini.

Ketua DPD MAPANCAS Jabar, Aji Saptaji, yang kini maju jadi Caleg DPD RI, mengapresiasi kehadiran para Caleg dari keluarga besar MAPANCAS.

“Kita sangat bangga, para kader MAPANCAS bisa berkiprah di Pemilu Legislatif 2019 ini. Kita berharap semuanya lolos dan terpilih menjadi anggota legislatif di daerahnya masing-masing, agar kiprah organisasi kita makin kuat serta makin bermanfaat untuk umat,” timpal Caleg DPD RI nomor urut 32 ini.

Mantan Ketua DPD MAPANCAS Jabar, Imam Syafei, yang juga Caleg DPRD Jabar dari Partai Golkar, menambahkan, MAPANCAS merupakan organisasi yang melahirkan banyak kader yang berhasil menduduki posisi-posisi penting, baik di legislatif, organisasi profesi, pengusaha, maupun birokrasi pemerintah.

“Dan kini banyak kadernya yang maju di Pemilu Legislatif 2019, kita berharap semuanya berhasil meraih kemenangan di pileg ini,” tutur Ketua Gema MKGR Jabar ini.

Seorang aktivis MAPANCAS yang juga Caleg DPRD Kabupaten Subang dari PKB, Usep Husaeni, mengaku bersyukur, keluarga besar MAPANCAS tetap solid meski berasal dari beragam partai politik dan berbeda dukungan di pilpres 2019.

“Apapun latarbelakang parpolnya, anggota legislatifnya harus dari MAPANCAS,” tegas Usep.

Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) MAPANCAS didirikan oleh Jenderal TNI (Purn) Abdul Haris Nasution pada 28 Oktober 1958, kini memiliki banyak alumni pergerakan demokrasi yang malang melintang di berbagai organisasi sosial atau politik dan banyak diantaranya yang pernah menjadi pemimpin organisasi kepemudaan di level daerah dan nasional.

M Ridwan

BERBAGI