Beranda Warta Desa Atasi Jembatan Ambruk dan Longsor, Camat Cijambe dan BPBD Subang Datangkan...

Atasi Jembatan Ambruk dan Longsor, Camat Cijambe dan BPBD Subang Datangkan Alat Berat

BERBAGI

Foto: Atasi longsor, Pemkab Subang turunkan alat berat ke kecamatan Cijambe.

Jabarpress.com,- Beberapa pekan ke belakang Kabupaten Subang di guyur hujan yang cukup lebat sehingga mengakibatkan longsor di ruas jalan kabupaten yang menghubungkan desa cijambe – desa cirangkong dan jembatan ambruk yang berada di sekitar desa cikadu kecamatan cijambe.

Untuk menanggulangi bencana alam khusus longsor yang menimpa ruas jalan kabupaten yang menghubungkan desa cijambe – desa cirangkong pada hari jum’at (08/02/2019) masyarakat kerja sama dengan aparatur desa serta bantuan Pemkab menurunkan alat berat.

Camat Cijambe, H.Yosep Pramastony saat di konfirmasi mengatakan,” bencana alam longsor yang menimpa ruas jalan kabupaten yang menghubungkan desa cijambe – desa cirangkong terjadi pada hari rabu ( 06/02/2019 ) sekitar pukul 16.00 wib akibat hujan deras pohon tumbang dan akhirnya terjadi longsor,” jelasnya.

Menurutnya,” Dalam penanganan longsor tersebut masyarakat kerjasama aparatur desa serta bantuan dari pemerintah kabupaten dengan menurunkan alat berat seperti beko di gunakan penanganan jalan yang tertimbun tumpukan tanah,” imbuhnya.

H.Yosep menambahkan selain itu pihaknya bekerjasama dengan pihak Perhutani melakukan penebangan pohon untuk antisipasi rawan pohon besar tumbang selain itu untuk pelebaran jalan yang di perkirakan mencapai 1,5 meter.

Camat unsur terkait dan BPBD siap Sinergis atasi Bencana

Rencana arahan dari BPBD kita akan rapat pada hari Senin (11/02/2019) dalam rapat tersebut akan di hadiri Muspika, Perhutani, PUPR dan BPBD nantinya akan membahas bagaimana caranya untuk penanganan bencana ini dan juga untuk meminimalisir dengan cara solusinya harus ada pelebaran jalan 1,5 meter dan maksimalnya 2 meter.

“Di Kecamatan Cijambe yang terkena bencana alam ada dua titik yaitu titik pertama longsor di ruas jalan Kabupaten penghubung desa cijambe – desa cirangkong dan titik keduanya di desa cikadu adanya jembatan ambruk di jalan Kabupaten,” pungkasnya.

Sementara Suratman Ketua LPMD Cirangkong yang di dampingi Serda Hasan Babinsa desa Cirangkong dari Koramil 0512 Cijambe saat bincang- bincang Jum’at ( 08/02/2019 ) di lokasi mengatakan,” Untuk penanganan longsor ini kami membersihkan tanah yang menutupi badan jalan, dan juga kita membuat saluran air dengan menggunakan alat berat dari pemerintah, selain itu kita juga melakukan penebangan pohon – pohon besar yang berada di sekitar pinggir jalan ini dan penebangan tersebut untuk mengantisipasi pohon – pohon besar tersebut tumbang,” ungkapnya.

Dalam penanganan longsor ini tadi juga hadir BPBD, Muspika, BPD, Kepala Desa, LPM, Kadus – Kadus, dan Rt da rencananya penanggulangan longsor ini akan di lakukan selama dua hari.

Sunardi /Ajat Sudrajat

BERBAGI