Beranda Daerah Antisipasi Dampak Pelabuhan, Warga Desa Patimban Dirikan Koperasi Jasa

Antisipasi Dampak Pelabuhan, Warga Desa Patimban Dirikan Koperasi Jasa

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Warga Desa Patimban Kecamatan Pusakanagara yang tergabung dalam Paguyuban Berkah Tani Sejahtera menginisiasi pendirian Koperasi Jasa Tani Sejahtera Patimban.

Peresmian koperasi yang diluncurkan Selasa (22/1/2019) ini dihadiri Camat Pusakanagara Hj Ella, Kades Patimban Darpani Taufik, pejabat Dinas Koperasi UMKM dan Indagsar Suwitro, serta para pengurus koperasi.

Wakil Ketua Koperasi Jasa Tani Sejahtera Patimban, Karsad, menyebut, pendirian koperasi bertujuan untuk mengantisipasi dampak beroperasinya Pelabuhan Internasional Patimban dan mendorong kesejahteraan warga terdampak pelabuhan.

Sebab, akibat kehadiran pelabuhan tersebut, banyak warga setempat tergusur lahannya dan kehilangan mata pencaharian tetap.

Karena itu kedepan, koperasi akan memfasilitasi warga terdampak untuk diberikan pelatihan keterampilan kerja, untuk diproyeksikan bekerja di pelabuhan.

“Nanti koperasi akan bekerjasama dengan pihak Disnakertrans untuk menggelar pelatihan-pelatihan bagi warga, yang nantinya mereka disalurkan untuk bekerja di pelabuhan. Sebab tujuan koperasi ini pada akhirnya untuk kesejahteraan warga setempat juga,” ujar Karsad kepada Jabarpress.com.

Selain itu, keberadaan koperasi ini juga diproyeksikan untuk dapat berinvestasi atau menampung dan mengelola investasi untuk peningkatan ekonomi para anggota maupun masyarakat.

“Untuk bisa investasi kan perlu ada wadah, supaya uang tidak berhamburan atau tidak salah sasaran, karena itu kami inisiatif membentuk wadahnya berupa koperasi,” paparnya.

Asep H Ocay

BERBAGI