Beranda Seni Budaya Ribuan Jama’ah Padati Manaqib Kubro di Ponpes Bahrul Uluum, Ketua JATMAN: TNI/Polri...

Ribuan Jama’ah Padati Manaqib Kubro di Ponpes Bahrul Uluum, Ketua JATMAN: TNI/Polri dan NU Bersatu, Indonesia Aman!

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Ribuan jama’ah Nahdhiyyin dari berbagai desa antusias menghadiri kegiatan Manaqib Kubro bersama Ulama, Umaro, TNI/Polri yang diselenggarakan oleh pengurus Jama’ah Ahli Thoriqoh Al-Mu’tabaroh Al-Nahdhiyyah (JATMAN) di Pondok Pesantren Bahrul Uluum Kampung Cikondang Desa Mekarwangi Kecamatan Pagaden Barat, Jum’at (11/1/2019) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut, sesepuh JATMAN KH Nawawi Kustana, Ketua JATMAN Subang KH Toto Thola’al Badar Karim, Sekretaris JATMAN Ust Uung Mashuri, Ketua PCNU Subang KH Satibi, perwakilan Polsek dan TNI Koramil Pagaden, pimpinan Ponpes Bahrul Uluum KH Bahrudin, pimpinan Rijalul Ansor KH Zezen dan Kyai Abrehom, pimpinan Mazolat Cakar Jagat Mas Gilang, Ketua FSGN Ust Hasan, Caleg DPR RI dari PKB H Wari Maulana, Caleg DPR RI dari Partai Golkar H Hermansyah, Caleg DPRD Subang dari PKB Usep Husaeni, para ulama NU, para kepala desa, tokoh masyarakat, para santri serta ribuan jama’ah lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua JATMAN Subang KH Toto Thola’al Badar Karim, mengapresiasi kekompakan TNI/Polri dan warga Nahdhiyyin (NU) dalam setiap kegiatan Manaqiban.

Dengan soliditas TNI/Polri, ulama dan umaro ini, pihaknya yakin NKRI tetap utuh dan Indonesia tetap aman serta damai.

“Selama TNI, Polri dan NU bersatu padu, Insyaalloh Indonesia aman,” ujar Kyai Toto.

Menurutnya, ada kesamaan yang mempersatukan antara NU dengan TNI/Polri dan pemerintah, yakni sama-sama ingin mempertahankan keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Musuh kitapun sama, yakni mereka yang ingin memecah belah NKRI dan mengganti dasar negara Pancasila dengan paham khilafah. Karena itu, melalui kesempatan ini, kita serukan agar masyarakat tetap bersatu dan kompak,” papar Kyai Toto.

Caleg PKB Apresiasi Manaqiban Kubro JATMAN

Sementara itu, kegiatan Manaqib Kubro JATMAN mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Caleg DPR RI dari PKB, H Wari Maulana, didampingi Caleg DPRD Dapil Subang VI, Usep Husaeni, menyambut positif semaraknya kegiatan keagamaan khas warga Nahdhiyyin ini dan berharap terus berlangsung secara rutin.

“Manaqiban ini karakteristik khas kita selaku warga Nahdhiyyin yang harus terus dipertahankan dan banyak sekali segi positifnya sebagai ajang silaturahmi serta sarana memperkokoh persatuan umat,” imbuh Wari.

Asep H Ocay

BERBAGI