Beranda Jabar Perpanjangan Jabatan Kasek Lebih 12 Tahun Disoal, Ketua PGRI Imbau Kadisdikbud Jabar...

Perpanjangan Jabatan Kasek Lebih 12 Tahun Disoal, Ketua PGRI Imbau Kadisdikbud Jabar Tak Paksakan Kehendak

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Perpanjangan jabatan kepala sekolah (Kasek) tingkat SMA/SMK dipertanyakan oleh kalangan guru di Kabupaten Subang. Pasalnya ada dua Kasek setingkat SMA yang diketahui menjabat lebih dari 12 tahun atau lebih 3 periodisasi.

Ketua PGRI Subang, HE Kusdinar menilai, adanya dua Kasek SMA yang diperpanjang jabatannya lebih dari 3 periodisasi atau lebih dari 12 tahun, telah menyalahi aturan.

Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 menjelaskan, Guru dapat diberikan tugas sebagai kepala sekolah untuk mengelola dan memimpin Sekolah, mengangkat Guru sebagai Kepala Sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Permendikbud itu menerangkan, Kepala Sekolah diberi tugas untuk memimpin dan mengelola satuan pendidikan, yakni jenjang TK, SD, SMP, SMA maupun SMK, termasuk jenjang Pendidikan Luar biasa.

Merujuk Permendikbud Nomor 15 tahun 2018 tentang pemenuhan beban kerja guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah, disebutkan bahwa Kepala Sekolah menjalankan tugas untuk manajerial, pengembangan kewirausahawan, dan supervisi terhadap tenaga pendidikan.

“Artinya, sesuai Permendikbud ini, kepala sekolah tidak lagi mempunyai beban untuk mengajar, kecuali jika di sekolah masih kekurangan guru,” ujar Kusdinar.

Terkait apakah Kepala Sekolah dapat menjabat selamanya atau tidak ada periodisasi, Kusdinar menegaskan, sesuai Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 Pasal 12 diatur bahwa masa penugasan Kepala Sekolah dilaksanakan periodisasi.

“Periodisasi yang dimaksud sebagaimana pada Ayat 1 artinya dalam satu periode dilaksanakan dalam kurun waktu 4 tahun. Setelah dapat menyelesaikan pada periode partama, Kepala Sekolah dapat diperpanjang penugasannya paling banyak 3 kali atau paling lama 12 tahun,” jelasnya.

Dia mengatakan, penugasan pertama paling lama selama dua periode atau 8 tahun. Jika Kepala Sekolah berprestasi, dia bisa diperpanjang satu kali lagi atau 12 tahun, itupun ke tingkat sekolah yang paling kecil jumlah muridnya.

“Tetapi, jika Kepala Sekolah memperoleh nilai kurang baik dari hasil penilaian kinerjanya, maka Kepala Sekolah tersebut dikembalikan lagi jadi guru. Karena itu, saya imbau Kepala Disdikbud Jabar agar jangan memaksakan perpanjangan jabatan kasek yang lebih 12 tahun,” tegasnya.

BERBAGI