Beranda Daerah Tanggapi Caleg Jadi Kades Terpilih, Bawaslu Subang: DCT Dilanjut, Atau, Nanti Rapat...

Tanggapi Caleg Jadi Kades Terpilih, Bawaslu Subang: DCT Dilanjut, Atau, Nanti Rapat Dulu Dengan KPU

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Subang angkat bicara menanggapi adanya Calon Anggota Legislatif DPRD (Caleg) yang maju di ajang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2018 lalu terpilih menjadi Kepala Desa (Kades).

Komisioner Bawaslu Subang Divisi Penyelesaian Sengketa Pemilihan, Jecky Johari, tampaknya ragu-ragu dalam memberikan jawaban saat diminta tanggapannya ihwal persoalan tersebut.

Semula, Jecky menyebut, Caleg yang terpilih menjadi Kepala Desa pada Pilkades Serentak yang berlangsung Rabu lalu (5/12/2018), maka namanya di Daftar Caleg Tetap (DCT) tetap berlanjut dan tidak dihapus.

Namun, dia juga menyampaikan opsi lainnya bahwa status Caleg yang terpilih jadi Kades, akan dibahas terlebih dahulu dalam rapat koordinasi (rakor) dengan KPU Subang, sebelum nantinya diputuskan statusnya dalam DCT.

Rapat koordinasi dengan agenda sinkronisasi data Caleg pada surat suara itu, sambung dia, rencananya akan digelar Senin depan (10/12/2018).

“Jadi DCT tetap dilanjut, enggak dicoret. Atau, nanti Senin depan kita rakor sinkronisasi data Caleg dengan KPU, soal ini nanti dibahas dulu di rapat keputusannya seperti apa,” tutur Jecky saat dikontak Jabarpress.com, Jum’at (7/12/2018).

Sementara itu, terkait adanya sejumlah Caleg yang mengikuti Pilkades, Ketua KPU Subang Maman Suparman, mengatakan, para Caleg yang sudah tercantum dalam DCT boleh mengikuti Pilkades.

“Jika dia ikut Pilkades dan menang, itu kewenangan panitia Pilkades,” ujarnya.

Jika yang bersangkutan terpilih pada Pilkades, namanya tidak bisa lagi dihapus dalam DCT. Namun, tegas Maman, jika nanti terpilih jadi anggota dewan, yang bersangkutan tidak bisa dilantik.

“Jadi namanya dibiarkan saja pada DCT, tidak bisa kita hapus apalagi diganti. Tapi, jika dia nantinya terpilih lagi pada Pileg, yang bersangkutan tidak bisa dilantik. Sesuai aturan batal demi hukum dan suara dia berpindah kepada Caleg di bawahnya,” imbuhnya.

Seperti diketahui, pada Pilkades Serentak 2018 ini terdapat sejumlah Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang maju sebagai Calon Kades.

Diantaranya, Caleg Partai Demokrat Dapil Subang III (Kecamatan Dawuan, Kalijati, Cipeundeuy, Pabuaran), Ani Dewi Nuryani yang merupakan Calon Kades Kadawung Kecamatan Pabuaran nomor urut 1; Caleg PAN Dapil Subang VI (Kecamatan Pagaden Barat, Pagaden, Cipunagara, Compreng), Nunung Toyibah yang merupakan Calon Kades Pangsor Kecamatan Pagaden Barat; serta Caleg PDIP Dapil Subang V (Kecamatan Pamanukan, Pusakajaya, Pusakanagara, Legonkulon), H Aming Kasmin yang merupakan Calon Kades Cigugur Kecamatan Pusakajaya.

Dari ketiga caleg tersebut, hanya Caleg PAN Nunung Toyibah yang bernasib mujur terpilih menjadi Kepala Desa Pangsor Kecamatan Pagaden Barat.

Usep

BERBAGI