Beranda Warta Desa Polemik DPT Pilkades Rancabango Akhirnya Tuntas

Polemik DPT Pilkades Rancabango Akhirnya Tuntas

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Polemik pemilihan kepala desa (pilkades) Rancabango Kecamatan Patokbeusi terkait daftar pemilih tetap (DPT) akhirnya tuntas. Meski demikian, dari empat calon yang ada hanya tiga calon yang ikut proses musyawarah yaitu calon nomor 1, 2 dan 3, Minggu (2/12/2018).

Calon kades yang hadir dalam musyawarah tersebut adalah nomor 1 Olim, nomor 2 H Rasam dan nomor 3 Ridwan. Menit terakhir saat penandatanganan berita acara, calon nomor 4 Nunung N baru hadir, itupun dijemput Linmas.

Proses penghapusan DPT ganda dilakukan perdusun dengan menghadirkan para Ketua RT dan kepala dusun. Hasilnya 109 DPT dihapus. Dengan demikian DPT yang tadinya 9.813 jadi 9.704 jiwa.

Sebelum dilakukan penandatanganan berita acara hasil musyawarah, terdapat perdebatan pemusnahan surat undangan yang masuk dalam kategori ganda.

Ada yang meminta dimusnahkan saat itu juga, dan ada yang meminta pemusnahan dilakukan di lain waktu, dengan catatan proses pembagian undangan dikawal juga oleh tim sampai ke orang yang bersangkutan.

Penandatanganan berita acara penghapusan DPT sendiri ada usulan dari peserta musyawarah agar dilakukan oleh seluruh calon kades, tidak dilakukan oleh para saksi atau tim sukses.

“Saya usul, berita acara ditandatangani oleh calon kades,” kata Lili yang juga Bhabinkamtibmas Desa Rancabango, di forum musyawarah.

Ketua Panitia Pilkades Rancabango, Maman Hanafi, menyampaikan, dari awal sampai saat ini, tidak ada panitia yang tidak netral.

“Bahkan secara pribadi, demi Allah tidak mengarahkan kepada salah satu calon. Ini adalah pengabdian saya kepada Desa Rancabango,” tegasnya.

Berkaitan dengan telatnya kehadiran Nunung, Maman menegaskan sudah mengundang semua calon sesuai dengan agenda yang disepakati.

“Kami sudah undang. Kalau ngeyel kami enggak tahu apa penyebabnya. Tanda terimanya jelas,” pungkasnya.

Usep

BERBAGI