Beranda Ekonomi Dinkop & UMKM Jabar Siapkan Rp100 M Untuk 3.000 Pesantren

Dinkop & UMKM Jabar Siapkan Rp100 M Untuk 3.000 Pesantren

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Koperasi dan UMKM bakal menyiapkan anggaran Rp100 miliar untuk pelatihan wirausaha bagi 3.000 pondok pesantren di Jawa Barat.

Hal ini diungkapkan Kepala UPTD Pendidikan Pelatihan Perkoperasian dan Wirausaha (P3W) Dinkop dan UMKM Jawa Barat Hj Lia Embarsari, pada kegiatan pembukaan pelatihan Teknologi Inovasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Subang bertempat di Pondok Pesantren Pagelaran 3 Desa Gardusayang Kecamatan Cisalak, baru-baru ini.

“Pak Gubernur (Ridwan Kamil) itu ingin agar para santri di Jawa Barat punya kemampuan dan keterampilan berwirausaha, salah satunya pada program One Pesantren One Product. Di kami ada anggaran kalau disetujui Pak Gubernur, Rp100 M untuk 3.000 pesantren, untuk melatih para santri pondok pesantren dan akan dilihat pesantren yang benar-benar memiliki produk tersebut, akan diberikan hadiah oleh pak Gubernur, tujuannya agar para santri di pesantren bisa memiliki produk yang bisa dijual,” katanya.

Di hadapan sekitar 30 peserta pelatihan, Lia menyebut, melalui wirausaha akan melahirkan usahawan yang berpenghasilan tak kalah dari pendapatan seorang pegawai.

“Kalau sudah punya keterampilan berwirausaha tidak usah punya cita-cita jadi pegawai atau PNS, karena berwirausaha itu bisa memiliki penghasilan lebih besar, dan banyak contohnya para pengusaha yang sudah sukses,” tutur Lia.

Ketua Forum Pondok Pesantren (FPP) Subang KH Maman S Jamaludin mengapresiasi rencana program tersebut yang menurutnya akan membangkitkan gairah berwirausaha di kalangan pesantren.

“Bagus, dan harus terlaksana program ini, karena akan membuat iklim usaha yang baik di pondok pesantren dan melahirkan wirausahawan baru yang terlatih dan profesional dari kalangan pondok pesantren,” ucapnya.

Menurutnya, kemampuan para santri dalam berwirausaha memang perlu dibekali pelatihan yang cukup sehingga akan muncul jiwa profesionalisme dalam berwirausaha.

BERBAGI