Beranda Daerah Disambut Antusias Warga, Pasanggiri Jaipong Perebutkan Piala ‘Indung Budak’

Disambut Antusias Warga, Pasanggiri Jaipong Perebutkan Piala ‘Indung Budak’

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Sebanyak 44 peserta Pasanggiri Jaipong 2018 dari 14 sanggar tari se-Kabupaten Subang unjuk kebolehan memperebutkan piala ‘Indung Budak’ dan uang pembinaan Rp50 juta, Minggu (25/11/2018).

Pasanggiri Jaipong digelar oleh Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan di Aula Sitiesa, Jl. Otto Iskandar Dinata Subang.

Kegiatan seni budaya ini diapresiasi oleh warga maupun kalangan sanggar tari se-Kabupaten Subang.

Pimpinan Sanggar Tari Way Talatah Subang Bah Waway, menyebut, Pasanggiri Jaipong sangat positif untuk membangkitkan kembali semua Sanggar Tari yang ada di Subang, untuk berkarya seni tari, sekaligus sebagai upaya melestarikan seni tari jaipong, yang sudah hampir mati suri.

“Kegiatan ini merupakan hal yang positif, dan akan memberikan dampak yang signifikan bagi kebangkitan sanggar-sanggar tari di Subang,” ujar Waway.

Menurut dia, total hadiah sebesar Rp50 juta ini, merupakan hadiah yang terbesar sepanjang sejarah pasanggiri. Sebab, pasanggiri tingkat Jawa Barat saja yang akan digelar Desember nanti di Cikole Lembang Bandung Barat, hanya menyediakan hadiah Rp35 juta.

“Mudah-mudahan saja nantinya jumlah hadiahnya bisa bertambah besar, dan dapat digelar secara open, agar seni tari jaipong yang merupakan icon Jawa Barat ini bisa kembali berjaya dan lestari,” katanya.

Pimpinan Sanggar Tari Nay Sunda Subang, Noviyanti Maulani, dikenal populer sebagai Indung Budak, menyebutkan, pelaksanaan Pasanggiri Jaipong 2018 mendapat respons dan antusiasme masyarakat Kabupaten Subang, khususnya sejumlah Sanggar Tari, jika tidak dibatasi pesertanya, tentunya jumlah peserta akan jauh lebih banyak.

“Terpaksa kita batasi pesertanya. Mudah-mudahan tahun depan bisa kita akomodir karena pasanggiri Jaipong ini kita selenggarakan rutin setiap tahun, yang merupakan kalender kegiatan tahunan LAK Galuh Pakuan dan Sanggar Tari Nay Sunda, dan ini merupakan kegiatan yang kedua,” ungkap Noviyanti.

Untuk tahun depan, pihaknya bersama LAK Galuh Pakuan akan melakukan road to Piala Indung Budak artinya, seluruh Sanggar Tari yang ada di Subang, wajib melakukan seleksi, sehingga para pemenang seleksi di setiap Sanggar Tari itu, yang berhak mewakili Sanggar Tari-nya untuk tampil di babak gran final di Pasanggiri Jaipong yang diadakan LAK Galuh Pakuan dan Sanggar Tari Nay Sunda Subang.

“Melihat animo masyarakat dan para seniman yang tergabung di setiap Sanggar Tari yang begitu antusias, kami siap menambah uang hadiah menjadi Rp100 juta,” ucap Noviyanti.

Sementara itu, Pasanggiri Jaipong dengan jumlah peserta 44 ini dibagi 4 katagori yakni A, B, C dan D, serta menghasilkan para pemenang sebagai berikut:

Katagori A: juara pertama diraih oleh Gheisya Ramadhani Istifahani, juara kedua Nabila Alyani Nursadrina, juara ketiga Indira, harapan pertama diraih oleh Khanza, harapan kedua Wafa, dan harapan ketiga Haeran Alma Andini.

Katagori B : juara pertama didapat Zahra Permatasari, juara dua Nava Virgia Leka, juar tiga Lina Berliana, harapan pertama Fakhira Sri Wulandari, harapan kedua Rindi Antika, harapan ketiga Dewi Zahra.

Katagori C juara pertama Lintang Fazriya, juara kedua Vina Yuniar, juara ketiga Zakiyah Apypah Ganie, harapan pertama Leviaya Siti N, harapan kedua Kamelia, harapan ketiga Salsabila.

Katagori D : juara pertama disabetboleh Gita, juara kedua Intan, dan juara ketiga Tiara Apriyan, harapan pertama Dewi, harapan kedua Febita, harapan ketiga Tanti Okta Sukmawati.

Untuk juara pertama sampai dengan juara ketiga di Katagori D selain mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 10 juta, Rp 7,5 juta dan Rp5 juta, juga mendapatkan voucher keliling Eropa pada tahun 2019.

Sedangkan juara umum Katagori Sanggar peraih piala terbanyak diraih oleh Sanggar Tari Way Talatah Pimpinan Bah Waway, selain mendapatkan piala bergilir Indung Budak juga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp5 juta.

Usep

BERBAGI