Beranda Warta Desa Majukan Desa, Pemdes Sukadana Ilir Libatkan Masyarakat

Majukan Desa, Pemdes Sukadana Ilir Libatkan Masyarakat

BERBAGI

Jabarpress.com, Lampung Utara-Kemajuan suatu daerah, khususnya di pedesaan, tentu harus ada keterlibatan semua komponen masyarakat.

Keterlibatan peran serta masyarakat ini terlihat dalam pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang digelar Pemerintah Desa Sukadana Ilir Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung, Jum’at (9/11/2018) di kantor desa setempat.

Musrenbangdes dihadiri Kepala Desa Sukadana Ilir Ermalia, Kasi Pemerintahan Kecamatan Bunga Mayang Siis Nawar, Kasi Pembangunan Kecamatan Bunga Mayang Deni Ratu Hero, Kasi Kesra Kecamatan Bunga Mayang Syafrudin, Babinkamtibmas Desa Sukadana Ilir, Brigpol Nepri Aswiwin, Pendamping Lokal Desa (PLD), BPD, LPM, Tokoh Desa dan Masyarakat.

Kades Sukadana Ilir, Ermalia, mengatakan, kegiatan Musrenbangdes penting dilaksanakan supaya program-program pembangunan tepat sasaran dan sesuai kebutuhan.

“Musrenbangdes merupakan tahapan dalam menentukan kegiatan kedepan sehingga nantinya pembangunan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan manfaatnya benar-benar bisa dirasakan masyarakat Desa Sukadana Ilir,” katanya.

Menurutnya, sebelum musrenbangdes dilaksanakan, tentu sebelumnya di masing-masing dusun telah melaksanakan musyawarah, sehingga usulan yang disampaikan telah melalui kajian dusun.

“Pembangunan di desa kami tentu semua atas dasar kesepakatan, dan ini merupakan usulan dari masyarakat, sehingga bangunan nantinya benar-benar akan tepat sasaran, dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” tegas Ermalia.

Camat Bunga Mayang, diwakili Siis Nawar, menyebut, Musrenbangdes harus dilaksanakan di masing-masing desa, karena musyawarah ini untuk menentukan pembangunan di desa.

“Dan rencana pembangunan ini harus berdasarkan kajian dan usulan-usulan dari masyarakat,” imbuhnya.

Kasi Pembangunan Kecamatan Bunga Mayang, Deni Ratu Hero, menambahkan, dalam menentukan pembangunan, hendaknya melalui kajian yang baik, sehingga pembangunan di Desa Sukadana Ilir nantinya akan bermanfaat, dan menambah kemajuan bagi desa dan masyarakat.

“Dengan adanya kolaborasi yang baik antara pemerintah desa dengan masyarakat akan membawa Desa Sukadana Ilir ke arah kemajuan, sehingga manfaat dan keberadaan pembangunan bisa dinikmati dan dirasakan masyarakat,” pungkasnya.

Desna Wati

BERBAGI