Beranda Ekonomi & Wisata Kualitas Bagus, Jamur Tiram asal Tambakmekar Banyak Diminati

Kualitas Bagus, Jamur Tiram asal Tambakmekar Banyak Diminati

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Budidaya jamur tiram rupanya tengah ngetrend di kalangan warga Desa Tambakmekar Kecamatan Jalancagak, karena menjanjikan secara ekonomis.

Seorang petani jamur tiram, Dian, menyebut, dari 50 petani jamur tiram yang ada di Desa Tambakmekar, bisa menghasilkan sekitar 20 ton jamur/hari.

“Lebih banyak log jamur (pot jamurnya) hasilnya akan lebih banyak. Dari desa kami bisa menghasilkan hampir 20 ton jamur tiram per hari, baik jamur tiram warna putih maupun coklat,” tuturnya.

Saat ini, harga jamur tiram putih sebesar Rp10.000/kg, sementara jamur tiram warna coklat harganya Rp15.000/kg.

Petani jamur tiram lainnya, Toni, mengatakan, hasil 20 ton per hari bisa dikatakan masih kurang. Karena bandar membutuhkan hampir 50 ton per hari.

“Permintaan bandar masih kekurangan dengan jumlah tersebut, tentunya ini merupakan prospek yang bagus selain untuk usaha saya sendiri juga menampung lapangan pekerjaan bagi masyarakat, khususnya di Dusun Cimaung,” paparnya.

Menurutnya, Desa Tambakmekar ini yang paling banyak populasi petani jamur tiram dibandingkan daerah lainnya, seperti Desa Tambakan, Cisaat Kecamatan Ciater atau daerah Subang Kota.

“Ini jelas prospek baik untuk warga di tengah sulitnya mencari kerja,” katanya.

Mengenai prospek pemasaran, sampai hari ini tidak ada hambatan, malahan jamur tiram dari Subang kwalitasnya bagus dibandingkan jamur daerah lain, karena suhu udaranya cukup.

“Bisnis ini cocok bagi warga yang menganggur dan sulit mencari kerja, bisnis ini juga tak perlu keahlian khusus dan sangat mudah, modalnya juga kecil,” katanya.

BERBAGI