Beranda Nasional Penampilan Penari Jaipong Kinda Novitasari Pukau Para Tokoh Nasional

Penampilan Penari Jaipong Kinda Novitasari Pukau Para Tokoh Nasional

BERBAGI

Jabarpress.com, Jakarta-Penampilan penari jaipong asuhan Sanggar Tari Nay Sunda Subang, Kinda Novitasari, sukses memukau ribuan undangan di acara resepsi pernikahan anak Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di JCC Jakarta, Senin (10/9/2018).

Penampilan Kinda mendapat apresiasi dari sejumlah tokoh nasional, seperti Ketua Umum PBNU KH Said Agil Sirodj, Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait, akrab dipanggil Bang Ara, wartawan senior Karni Ilyas, serta artis senior Edo Kondologit.

Ketua Umum TMP sekaligus Pembina Sanggar Tari Nay Sunda Subang, Bang Ara mengatakan, penampilan Kinda mendapat apresiasi banyak tokoh nasional, terlebih kepada Pimpinan Sanggar Tari Nay Sunda Subang, Noviyanti Maulani yang mampu menelorkan penari muda berbakat yang sarat prestasi.

“Saya ikut tersanjung atas apresiasi yang disampaikan sejumlah tokoh nasional seperti Bapak KH Said Agil Siroj, Pak Karni Ilyas dan Bung Edo Kondologit, pada saat Kinda tampil menari Jaipong,” ujar Bang Ara, Senin (10/9/2018).

Dengan tampilnya Kinda di acara resepsi pernikahan anak Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, bisa menjadi momentum awal bangkitnya kembali tari Jaipong, yang dulu pernah mendunia, bahkan sempat dikolaborasikan dengan tari modern dari Break Dance pada era 80-an, dengan sebutan breakpong, dan diharapkan tari Jaipong ini bisa kembali menggema dengan adanya Sanggar Nay Sunda di Subang.

“Apa yang selama ini saya lakukan bersama dengan Ibu Novianti, untuk membina Sanggar Tari Nay Sunda, bisa menjadi titik awal kembali berjayanya tari Jaipong,” ucapnya.

Bahkan tidak hanya para tokoh nasional, sejumlah tamu asing dari negara tetangga dan sahabat ikut memberikan apresiasinya, karena tari Jaipong ini tidak hanya memiliki nilai seni dan budaya, tetapi juga memiliki gerakan-gerakan olahraga, yang tentunya bisa menyehatkan tubuh si penari.

“Jadi sebenarnya kita tidak lagi harus mempromosikan tari Jaipong lagi ke luar negeri, tetapi bagaimana kita konsen terhadap pembinaan para seniman tari Jaipong ini agar tetap eksis, jika suatu hari kita diundang oleh mereka,” katanya.

Pimpinan Sanggar Tari Nay Sunda Subang, Novianti Maulani menyebut, tampilnya Kinda di JCC Jakarta pada acara resepsi pernikahan anak Ketua DPR RI Bambang Soetatyo, berkat peran Bang Ara selaku Pembina Sanggar.

“Semua ini berkat peran Bang Ara makanya kami bisa tampil di sini,” imbuhnya.

Penampilan Kinda cukup mengesankan dan tampil tanpa cela, sehingga penampilannya tidak hanya menghibur para tamu undangan, tetapi juga membuat decak kagum para tamu yang hadir di JCC.

“Kinda tampil cemerlang dan sempurna, sehingga para tamu undangan yang hadir menyaksikan penampilan Kinda yang energik, dan memberikan tontonan seni yang berkelas, membuat para tamu undangan berdecak kagum, dan Saya selaku Pimpinan Sanggar Tari Nay Sunda, termasuk Bang Ara selaku Pembina merasa puas, atas penampilan Kinda,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, ke depan perhatian pemerintah terhadap seniman dan sanggar-sanggar seni, semakin bertambah, sehingga mampu mengharumkan daerah, bahkan Indonesia di dunia Internasional.

BERBAGI