Beranda Jabar Hadiri Sertijab Gubernur Jabar, Ormas BBR Siap Dukung Program Pemprov

Hadiri Sertijab Gubernur Jabar, Ormas BBR Siap Dukung Program Pemprov

BERBAGI

Jabarpress.com, Bandung-Pasangan M Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum resmi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 di Jakarta pada Rabu (5/9/2018).

Selanjutnya, Kamis (6/9/2018) Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil didampingi Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum melakukan serah terima jabatan dari Penjabat Gubernur Jabar M Iriawan.

Dalam pidatonya, Gubernur Ridwan Kamil mengungkap soal indeks kebahagiaan masyarakat Jawa Barat masih di bawah skala 50. Pihaknya berjanji akan menularkan kemampuannya meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat Jawa Barat seperti yang pernah dilakukan di Kota Bandung dan Kabupaten Tasikmalaya.

Menanggapi hal tersebut, ormas Benteng Berkarya Rescue (BBR) Jawa Barat menyatakan siap mendukung misi Gubernur untuk meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat Jawa Barat.

“Kami merespon apa yang disampaikan oleh Pak Gubernur tadi bahwa indeks kebahagiaan warga Jabar masih di bawah skala 50. Kami siap mendukung peningkatan indeks kebahagiaan warga Jabar selama lima tahun kepemimpinannya, tentu sesuai dengan tupoksi kami yaitu di bidang tanggap darurat dan penanggulangan bencana,” ujar Ketua DPW Benteng Berkarya Rescue (BBR) Jabar, R Tjetjep Saefulloh kepada Jabarpress.com, didampingi Sekretaris Rakhmat Toto Sujarwo dan Wakil Bendahara Veronika C Saleky saat menghadiri Sertijab Gubernur di Gedung Sate, Kamis (6/9/2018).

Dia mengatakan, Provinsi Jawa Barat merupakan provinsi yang rawan bencana, dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia yang tersebar di 27 kabupaten/kota, membawa konsekuensi yang besar bila terjadi bencana, baik korban jiwa maupun harta benda.

Dalam kaitan bencana gempa misalnya, Jawa Barat berada pada jalur gempa tektonik, yang topografinya bergunung-gunung dan aliran sungai yang umumnya bermuara di wilayah pantai utara.

Di beberapa daerah merupakan daerah rawan banjir, tanah longsor, gempa bumi dan lain-lain. Oleh karena itu, kedepan mesti dipastikan juga bagaimana kebahagiaan masyarakat benar-benar terjaga dan tidak terenggut oleh bencana yang mengancam.

“Jadi kalau harapan hidup masyarakat terjaga, saya kira indeks kebahagiaannya pun akan meningkat. Dan ini berarti dibutuhkan kesadaran bersama dalam hal bencana alam yang seringkali terjadi di Jawa Barat,” jelasnya.

Sekretaris DPW BBR Jabar, Rakhmat Toto Sujarwo menyebut, akan berkoordinasi dengan DPW Partai Berkarya Jawa Barat guna mendukung program-program kerja Pemerintah Provinsi Jawa Barat lima tahun kedepan, khususnya di bidang tanggap darurat dan penanggulangan bencana.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Berkarya Jabar, Eka Santosa dan jajaran pengurus lainnya tampak hadir memberikan penghormatan upacara serah terima jabatan Gubernur Jawa Barat yang digelar di halaman Gedung Sate Jalan Diponegoro Bandung.

BERBAGI