Beranda Hukum Bawaslu Jabar Dukung Usut Pelanggaran LPPDK Paslon

Bawaslu Jabar Dukung Usut Pelanggaran LPPDK Paslon

BERBAGI

Jabarpress.com, Bandung-Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar, HM Wasikin Marzuki, menegaskan dukungan lembaganya terhadap pengusutan pelanggaran Pilkada Subang, khususnya pelanggaran Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) paslon.

“Bawaslu Jabar ikut mendukung pengusutan pelanggaran pilkada, antara lain pelanggaran Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) di Subang pada Pilkada 2018 sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegas Wasikin saat beraudiensi dengan massa pendemo dari Aliansi Masyarakat Subang, Selasa (4/9/2018).

Dia mengaku, selama proses penanganan laporan dugaan pelanggaran LPPDK itu, Bawaslu sudah memanggil seluruh pihak terkait, mulai dari pelapor, terlapor hingga saksi-saksi, termasuk auditor atau akuntan publik dan KPU Subang.

“Terlapor, yakni paslon 1, sudah kita panggil tiga kali, saksi terlapor juga tiga kali kita panggil, termasuk akuntan publiknya tiga kali dipanggil, tapi semuanya enggak datang. Dan kita tahu, pelapor ini bukan orang biasa, karena sangat mengerti hukum, dimana persepsinya jika orang dipanggil tiga kali tapi enggak datang, itu memberatkan (bagi terlapor),” ucapnya.

Karena itu, sambung Wasikin, langkah yang dilakukan paslon Dedi J-Budi Setiadi yang melanjutkan laporan soal LPPDK ke Bawaslu RI di Jakarta, sudah benar.

“Sekarang ‘bola’nya (putusan soal LPPDK) ada di Bawaslu RI. Tetapi kalau hasilnya tidak memuaskan, masih ada saluran lain yakni melalui sidang DKPP atau Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu,” ucapnya.

BERBAGI