Beranda Hukum Tak Sedang Razia, Aksi Tilang Kendaraan oleh Petugas Polisi di Pujasera Dikeluhkan...

Tak Sedang Razia, Aksi Tilang Kendaraan oleh Petugas Polisi di Pujasera Dikeluhkan Pengendara

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Aksi tilang yang dilakukan sejumlah anggota Kepolisian Resort Subang di perempatan Pasar Pujasera Subang, Jumat (10/8/2018) dikeluhkan pengendara kendaraan bermotor. Pasalnya, tilang tersebut tidak dilakukan dalam kegiatan operasi atau razia resmi kendaraan.

Seorang pengendara motor yang terkena tilang, Jian, menuturkan, kronologis peristiwa bermula saat dirinya bersama temannya, Ela, pulang berobat dari RSUD Subang dan hendak menuju Pujasera.

Karena tidak tahu jalan di Pujasera diberlakukan satu arah, saat melintas, motornya diberhentikan oleh seorang anggota polisi yang tengah berjaga di Pos Pujasera.

Anggota tersebut kemudian menanyakan kelengkapan dokumen kendaraan. Karena dirinya tidak membawa kelengkapan yang ditanyakan, anggota polisi itu kemudian menilangnya.

Pihaknya sempat mempertanyakan tilang tersebut yang dilakukan bukan dalam kegiatan operasi atau razia resmi. Menurutnya, idealnya petugas dalam menjalankan fungsi pelayanan dan pengayoman ini memberi tahu kepada dirinya selaku masyarakat ihwal pemberlakuan jalur satu arah ini.

“Kan enggak semua warga tahu. Saya juga enggak tahu, harusnya petugas kasih tahu kalau jalannya satu jalur. Ini malah periksa surat-surat, terus dikasih surat tilang yang merah, kan bukan sedang razia,” ucapnya.

Sementara itu, petugas polisi yang berjaga di Pos Pujasera Subang, Bripka Aris mengakui jika saat itu bukan razia resmi kendaraan.

“Tidak ada razia, dan memang bukan sedang razia, tapi pengendara ini melawan arus, ini verboden, pelanggaran yang kasat mata dan saat ditanyakan kelengkapan surat, enggak ada, ya kita tilang,” imbuhnya.

BERBAGI