Beranda Nasional H-3 Idul Fitri, Truk Dilarang Masuk Tol

H-3 Idul Fitri, Truk Dilarang Masuk Tol

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Untuk memperlancar arus kendaraan mudik pada lebaran Idul Fitri 2018 ini, Kementerian Perhubungan RI melarang kendaraan truk golongan 3, 4 dan 5 masuk ke dalam ruas tol.

GM Operasional PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pengelola Tol Cipali, Suyitno, menyebut, larangan tersebut mulai diberlakukan H-3, yakni 12-14 Juni 2018 pukul 24.00 WIB.

“Kementerian Perhubungan memberlakukan larangan truk golongan 3, 4 dan 5 untuk masuk ke ruas tol, termasuk di dalamnya Tol Cipali. Tapi larangan ini tidak berlaku untuk truk angkutan BBM dan sembako,” ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya mengimbau para pemudik mematuhi batas kecepatan, rambu-rambu lalulintas, memperhatikan jarak antar kendaraan, dan beristirahat saat mengalami kelelahan atau kantuk di tempat aman.

“Pemudik agar menjaga jarak aman saat berkendara. Sebagai contoh, untuk kecepatan 100 km per jam, jarak amannya 80 hingga 100 meter. Hal ini agar dapat terciptanya keamanan dan keselamatan saat berkendara,” katanya.

Suyitno mengungkapkan, untuk mengatasi antrian kendaraan, pihaknya mengoperasikan 16 gardu keluar (exit tol) dan 8 gardu masuk. Berdasarkan data, hingga H-3 ini, jumlah kendaraan yang melintas Tol Cipali sebanyak 31.938 unit. Jumlah ini mengalami kenaikan 0,16% dari hari Senin siang (14.00) yang mencapai 31.888 unit, dengan rata-rata lalin exit 3.086 kendaraan/jam.

BERBAGI