Beranda Hukum GMBI Dukung Polri Berantas Terorisme, Muspida Subang Deklarasikan Tolak Radikalisme-Terorisme

GMBI Dukung Polri Berantas Terorisme, Muspida Subang Deklarasikan Tolak Radikalisme-Terorisme

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Sejumlah massa dari ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Subang menggelar aksi damai di bundaran Wisma Karya Subang, Rabu (16/5/2018).

Dalam aksi yang dipimpin Ketua GMBI Distrik Subang, Sugandi, tersebut, massa menyatakan perang terhadap segala bentuk terorisme dan mendukung penuh langkah Kepolisian RI serta aparat hukum lainnya dalam memberantas terorisme, yang belakangan menjelang bulan Ramadhan marak terjadi dan merenggut banyak korban jiwa, seperti peristiwa di Mako Brimob, pemboman gereja di Surabaya, penyerangan Mapolrestabes Surabaya, dan lainnya.

“Kami mengutuk keras perbuatan biadab teroris dan menyatakan perang terhadap teroris, serta mengajak seluruh masyarakat menjaga kedamaian dan keamanan sebagai wujud kecintaan terhadap NKRI. Kami juga mendukung Polri dan aparat hukum lainnya menindak tegas pelaku teror,” tegas Ketua GMBI Subang, Sugandi.

Sementara itu, di saat bersamaan, Muspida Subang bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) mendeklarasikan Penolakan Paham Radikalisme, Terorisme dan Intoleransi di Wilayah Kabupaten Subang yang digelar di ruang rapat Bupati Subang, Rabu (16/5/2018).

Hadir pada rapat tersebut Plt Bupati Subang H Ating Rusnatim, unsur Forkopimda Subang dan yang mewakili serta Ketua Forum Kerukunan Beragama Se-Kabupaten Subang.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Ating Rusnatim menyampaikan turut berduka cita terhadap para korban ledakan bom di wilayah Surabaya dan gugurnya bhayangkara muda dalam melaksanakan tugas penjagaan NKRI.

“Pemerintah Kabupaten Subang menolak aksi aksi radikalisme, terorisme dan sejenisnya. Pemerintah Subang berpesan kepada seluruh masyarakat supaya bisa menjaga kekompakan dan meningkatkan komunikasi lintas sektoral. Dan jika menemukan hal-hal mencurigakan segera dikomunikasikan dengan aparat berwenang,” tutur Ating.

Selanjutnya, Forkopimda dan seluruh peserta yang hadir membacakan isi Surat Deklarasi Forum Kerukunan Beragama Kabupaten Subang yang berisi enam butir pernyataan, yakni:

Pertama, kami Forum Kerukunan Beragama Kabupaten Subang menyampaikan turut berduka cita kepada korban teror bom dan menolak terorisme dan radikalisme,

Kedua, kami forum kerukunan beragama Kabupaten Subang memandang pemeluk agama lain sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan dalam saudara sebangsa dan setanah air,

Ketiga, kami forum kerukunan beragama Kabupaten Subang memperlakukan pemeluk agama lain dengan niat dan sikap baik, empati peduli, kasih sayang dan sikap saling menghormati,

Keempat, kami forum kerukunan beragama Kabupaten Subang mengembangkan dialog dan kerjasama kemanusiaan untuk kemajuan masyarakat,

Kelima, kami forum kerukunan beragama Kabupaten Subang menerima dan menghormati perasaan dan perbedaan masing-masing pemeluk agama dan tidak mencampuri akidah, keyakinan dan praktek keagamaan lainnya,

Keenam, kami forum kerukunan beragama Kabupaten Subang tidak memandang agama lain dari sudut lainnya dan tidak mencampuri urusan internal agama lain.

BERBAGI