Beranda Politik KPU Subang Kampanyekan Pilkada ke Kalangan Pesantren

KPU Subang Kampanyekan Pilkada ke Kalangan Pesantren

Jabarpress.com, Subang-Sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Subang 2018 dilaksanakan di Gedung Hijau, Pondok Pesantren Darul Falah Desa Cimanggu Kecamatan Cisalak kabupaten Subang, Sabtu (21/04/2018).

Suasana Sosialisasi Pilkada di Pesantren ini menjadi berbeda karena seorang narasumber kedua Yoyo Waluyo menyampaikan materi bergaya Komikal dalam stand up komedi.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan sendiri merupakan kerjasama Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Subang dan Pondok Pesantren Darul Falah, hadir dalam kesempatan tersebut para santri usia pemilih dan dewan guru yang menyimak materi yang disampaikan para narasumber.

Dalam kegiatan yang dilakukan 2 sesi ini diapresiasi peserta, apalagi 2 narasumber di sesi pertama menyampaikan materi menarik dengan gaya yang khas.

Narasumber pertama, Annas Nasrullah, SH merupakan pegiat media sekaligus CEO Tintahijau.com, pelopor media online di Kabupaten Subang. Annas dalam pemaparannya menyoroti pentingnya generasi muda yang memiliki hak pilih untuk berpartisiasi dalam Pilkada memilih Pemimpin kabupaten Subang untuk periode 2018-2023.

“Jangan sia-siakan di kontestasi 5 tahunan ini, penting kawula muda untuk ikut memilih kepala daerah kabupaten Subang pada tanggal 27 Juni 2018 nanti, pilihlah sesuai hati nurani untuk kepala daerah yang bisa memajukan kabupaten Subang di semua aspek kehidupan bisa mensejahterakan rakyatnya,” ungkapnya.

Dia bahkan berharap jika kepala daerah pilihan rakyat Subang nantinya bisa tamat untuk periode 5 tahun dan tak tersangkut kasus hukum seperti sebelumnya.

Sementara, Yoyo Waluyo ketua PPK Cisalak menyampaikan materinya dengan gaya kocak tapi tidak mengurangi kedalaman materi yang disampaikannya, disambut gelak tawa sekitar 40 peserta dan tamu undangan Sosialisasi Yoyo memaparkan tentang tekhnis Pilkada Subang 2018.

“Jangan lupa Hari Rabu 27 Juni 2018 itu penting, yang di sawah ya tinggalkan dulu, yang bekerja yang ditinggal dulu untuk mencoblos, dan jangan mau di sogok dengan uang karena bukan hanya dosa tapi ini merupakan kesalahan fatal dalam memilih calon kepala daerah,” paparnya.

Diapresiasi peserta sosialisasi karena Yoyo menyampaikan pantun Sunda serta kadang bernyanyi membawakan lagu yang mengingatkan pentingnya Pilkada Subang 2018 sementara pemateri pertama Annas Nasrullah dianggap mewakili kaum intelektual yang memang menunjukkan kelasnya sebagai jurnalis handal.

“Hebat ini narasumber yang pertama tajam, analitis dan blak-blakan, yang kedua juga bergaya stand up komedi lucu tapi saya jadi ngerti, baru saya ikut kegiatan seperti ini, pokoknya mantaplah,” ucap Dadang, warga kampung Legoknangka Desa Pakuhaji kecamatan Cisalak.

Sosialisasi yang berlangsung hingga sore hari ini juga dihadiri jajaran pemerintah desa Cimanggu serta tokoh masyarakat desa Cimanggu, Abad Badruzaman S.Ag tokoh masyarakat desa Cimanggu mengaku bangga kegiatan sosialisasi bisa dilakukan di pondok pesantren.

Usai kegiatan para peserta sosialisasi diajak foto bersama oleh para narasumber dan jajaran petugas PPK Cisalak, Santi Tresnawati bahkan merasa mendapatkan pengetahuan baru tentang Pilkada 2018 ini.

“Kesibukan saya sebagai usahawan membuat saya kurang memahami tentang Pilkada Subang, Al Hamdulillah sekarang saya tahu banyak tentang cara memilih, terimakasih para narasumber dan Ponpes Darul Falah,” pungkasnya.